Presiden Jokowi Resmikan Pengolahan Sampah Jadi Listrik Berbasis Ramah Lingkungan Pertama di Surabaya

- 7 Mei 2021, 19:12 WIB
Foto Presiden Jokowi saat acara peresmian pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di TPA Benowo Surabaya
Foto Presiden Jokowi saat acara peresmian pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di TPA Benowo Surabaya /Sekretariat Presiden/tangkapan layar YouTube.com/

KABAR BESUKI – Presiden Joko Widodo meresmikan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Kamis, 6 Mei 2021.

Perlu diketahui, Surabaya menjadi kota pertama yang memiliki Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) dengan kapasitas hingga 11 Megawatt di Indonesia.

Dalam acara peresmian tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memaparkan PSEL ini dapat terwujud dari kerja keras berbagai Instansi serta individu yang terus mendukung hingga kini bisa dioperasikan, salah satunya mantan wali kota Tri Rismaharini yang kini telah menjabat sebagai Menteri Sosial.

Baca Juga: Mantan Dansatsel Kolonel Iwa Kartiwa Tahan Tangis Tepis Isu Sakit Akibat Terpapar Radiasi Kapal Selam

"Kami telah mengawali komitmen pengelolaan sampah yang ramah lingkungan sejak 2001. Kami yakin, jika sampah dikelola dengan baik, maka itu pasti akan mendatangkan manfaat positif bagi warga kota," ujar Eri Cahyadi.

Selain itu, dalam sambutannya pada peresmian itu, Presiden Jokowi memuji kinerja Wali Kota Surabaya atas keberhasilan mewujudkan fasilitas tersebut.

"Proses pengolahan sampah yang sebentar lagi akan kita lihat, ini sudah sejak 2018 saya siapkan perpresnya, saya siapkan PP-nya," ujar Presiden Jokowi, yang dilansir Kabar Besuki dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut ayah dari Kaesang Pangarep ini, mengatakan berdasarkan pengalaman yang dialaminya sejak 2008, saat dirinya masih menjadi wali kota Solo, kemudian menjadi gubernur Jakarta, hingga menjadi Presiden, belum bisa merealisasikan pengolahan sampah menjadi listrik.

Baca Juga: Prakiraan 4 Kali Lebaran Rakyat Dilarang Mudik, Rocky Gerung Khawatir akan Terjadi Kerusuhan

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Sekretariat Presiden


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x