Mengenal K.R.T. Hardjonagoro, Pelopor ‘Batik Indonesia’ yang Jadi Tema Google Doodle 11 Mei 2021

- 11 Mei 2021, 08:11 WIB
Foto: Tangkap layar Google Doodle K.R.T. Hardjonagoro, Pelopor ‘Batik Indonesia’ pada 11 Mei 2021
Foto: Tangkap layar Google Doodle K.R.T. Hardjonagoro, Pelopor ‘Batik Indonesia’ pada 11 Mei 2021 /

KABAR BESUKI - Go Tik Swan atau yang biasa dikenal sebagai K.R.T. Hardjonagoro yang hari lahirnya diperingati sebagai tema Google Doodle pada 11 Mei 2021.

Sebagaimana diketahui dari informasi Google Doodle, tepat pada hari ini merupakan ulang tahun K.R.T. Hardjonagoro yang ke-90.

Beliau adalah seorang budayawan dan sastrawan Indonesia yang bertempat tinggal di Surakarta, Jawa Tengah, sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari laman STT Bandung.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Buka Ibadah Haji 2021, Kementerian Agama Tunggu Jadwal Operasionalnya

Dilansir dari kk.sttbandung.ac.id/ K.R.T. Hardjonagoro lahir pada 5 Mei 1931 di Surakarta, dan meninggal dunia di usianya yang ke-75 tahun.

Ia merupakan putra sulung dari keluarga etnis Tionghoa di kota Solo.

Diketahui bahwa K.R.T. Hardjonagoro diasuh oleh kakeknya dari pihak ibu, Tjan Khay Sing yang merupakan pengusaha batik di Solo karena kedua orang tuanya adalah orang yang sangat sibuk.

Sejak kecil beliau sudah memiliki hubungan yang erat dengan kesenian batik, ia bahkan sering bermain di antara para pembatik.

K.R.T. Hardjonagoro yang merupakan keturunan dari pemuka masyarakat, dikirim untuk bersekolah di  Neutrale Europesche Lagere School bersama dengan para anak-anak ningrat lainnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita


Tags

Terkini

x