Tradisi Lomban Akan Tetap Dilaksanakan, Kepala Disparbud Jepara: Peserta Terbatas dan Tertutup untuk Penonton

- 17 Mei 2021, 20:28 WIB
Suasana pelarungan kepala kerbau dalam acara sedekah laut di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tahun 2020/Antara/
Suasana pelarungan kepala kerbau dalam acara sedekah laut di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tahun 2020/Antara/ /

KABAR BESUKI - Pesta Laut atau Lomban merupakan salah satu tradisi yang sudah lama berjalan. Tradisi itu mencakup pelarungan kepala kerbau di laut, pada tahun ini akan tetap digelar di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, dengan sejumlah pembatasan. 

"Larungan rencananya digelar secara sederhana dan hanya diikuti peserta terbatas dan tertutup untuk penonton," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Leztiaza di Jepara pada Senin 17 Mei 2021 dilansir dari situs Antara.

Kata dia, rencananya acara sedekah laut tersebut akan digelar tanggal 20 Mei 2021 dan pada hari itu seluruh tempat wisata di Kabupaten Jepara akan ditutup untuk umum.

Baca Juga: DPR RI Dukung Transfer Teknologi Pembuatan Vaksin, Puan Support Penghapusan Larangan Ekspor Bahan

Kata dia, sedekah laut mencakup acara ziaeah ke makam leluhur, wayangan, larungan dan juga doa bersama.

Biasanya acara wayangan digelar semalam penuh, namub mengungat kondisj yang masih belum usai dengan masalah pandemi, dikatakan wayangan akan dilakukan selama 2 jam tanpa penonton.

Lalu, acara larungan biasanya diawali dengan penyembelihan kerbau di Rumah Pemotongan Hewan Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara, berlanjut dengan pembagian daging kerbau kepada warga dan ziarah ke Makam Mbah Ronggo Mulyo. 

Baca Juga: Vaksin AstraZeneca Aman Batch CTMAV547 Dihentikan Sementara, 80,8 Persen Orang Bersedia di Vaksin

Seperti halnya tahun 2020, tahun ini pelarungan kepala kerbau dalam sedekah laut di Jepara dikatakan tidak akan melibatkan ratusan perahu nelayan karena pembatasan-pembatasan untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19 masih diberlakukan.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x