Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran, Pemerintah Atur Langkah Pencegahan Ketat

- 18 Mei 2021, 16:05 WIB
ILUSTRASI: Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada seorang pemudik yang baru tiba di Terminal Bus Kalideres, Jakarta, Senin 17 Mei 2021
ILUSTRASI: Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada seorang pemudik yang baru tiba di Terminal Bus Kalideres, Jakarta, Senin 17 Mei 2021 /Fauzan/ANTARA FOTO

KABAR BESUKI – Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan pentingnya kekompakan Pemerintah Pusat dan daerah dalam mengantisipasi lonjakan kasus penularan Covid-19 pasca libur Lebaran 2021.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian lewat keterangan persnya, Selasa 18 Mei 2021, mengatakan momentum perayaan atau liburan yang berpotensi membuat lonjakan kasus Covid-19 perlu diwaspadai.        

"Momentum Hari Raya adalah salah satu yang perlu diwaspadai dan disikapi dengan kekompakan pusat dan pemerintah daerah," kata Tito Karnavian.

Baca Juga: Khawatirkan 700 Kasus Baru, Taiwan Manfaatkan Mobilisasi Diplomat Guna Mencari Suntikan Vaksin Covid-19

Menteri Dalam Negeri mengatakan hal itu belajar dari lonjakan kasus yang terjadi di India yang salah satunya disumbang oleh kegiatan keagamaan massal tanpa penerapan protokol kesehatan.

Maka, perayaan lebaran Idul Fitri perlu mendapat atensi dengan antisipasi semua pihak, sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Antara.

Kewaspadaan tinggi serta langkah pencegahan ketat perlu dilakukan mengingat dinamika lonjakan kasus yang kerap disumbang dari atau setelah masa liburan.

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia Resmi Umumkan GoTo Group, Perusahaan Rintisan Baru Berbasis Teknologi Raksasa

Apalagi, kata dia hingga saat ini penyebaran Covid-19 tingkat global belum dapat dibendung, sehingga kebijakan pengendalian yang tepat amat dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x