Epidemiolog UI Ungkap Indonesia Tinggal Tunggu Ledakan ‘Bom’ Besar COVID-19, Pandu Riono: Ini Meledak Terus

- 18 Mei 2021, 17:51 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Sumber: Pixabay / Piro4D/

KABAR BESUKI – Usai lebaran, masih banyak ditemukan masyarakat yang reaktif saat dilakukan tes swab. Terkait dengan fakta ini, Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono mengatakan bahwa Indonesia tinggal menunggu ‘bom’ kasus COVID-19 yang lebih besar meledak.

"Sudah meledak-meledak. Nanti ada bom yang lebih besar meledak, setelah Lebaran," kata Pandu, dikutip Kabar Besuki dari laman Antara pada 18 Mei 2021.

Hal ini Ia sampaikan bukan tanpa alasan melainkan karena adanya kenaikan kasus COVID-19 yang cukup tajam di lima provinsi di Indonesia termasuk Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, dan Aceh.

Baca Juga: Sinopsis Drama Korea Move To Heaven, Kisah Menyentuh Mengurus Barang Orang yang Meninggal

Untuk itu, Pandu menuturkan bahwa saat ini memang lonjakan kasus COVID-19 sudah meledak di beberapa daerah, dan bom kasus COVID-19 yang lebih besar diperkirakan meledak usai Lebaran.

"Ini bukan bom waktu, kan udah meledak. Bomnya sudah meletus di mana-mana. Ini meledak terus soalnya, kan lagi perang (melawan pandemi COVID-19)," ujarnya.

Selain itu Ia juga memberikan penjelasan bahwa dengan adanya potensi lonjakan kasus yang lebih besar harus segera diantisipasi, terutama kesiapan fasilitas kesehatan harus dipastikan memadai.

Dalam hal ini Ia mengungkapkan jika banyak warga atau membayangkan 200 jutaan penduduk Indonesia sakit bersamaan, maka tentu saja kapasitas fasilitas kesehatan di daerah-daerah tidak akan cukup menampung.

Baca Juga: India Bantah Temuan Mayat di Sungai Gangga Adalah Korban Covid-19

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x