Facebook Terancam Dihapus dan Didepak oleh Play Store, Diduga Terkait Konflik Antara Israel-Palestina

- 20 Mei 2021, 10:11 WIB
Ilustrasi facebook/Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi facebook/Unsplash/Thought Catalog /

KABAR BESUKI - Facebook mendapatkan ulasan bintang satu dari warganet, sebagai bentuk protes terhadap raksasa media sosial ini terkait konflik Israel - Palestina. 

Dalam beberapa waktu terakhir, banyak orang memberi kritik karena menilai keberpihakan perusahaan ini terhadap Israel. 
 
Menurut laporan, banyak unggahan yang dibagikan oleh para pengguna mengenai kekejaman Israel diblokri oleh Facebook. 
 
Hal ini dianggap tidak adil dan membatasi kebebasan informasi, serta berpendapat dari orang-orang di seluruh dunia. 
 
Sebelumnya, seorang warganet mengatakan Facebook perlu diberikan ‘pelajaran’ atas keberpihakan kepada Israel dalam serangan terhadap Al-Quds dan Gaza. 
 
Total rating media sosial ini di Play Store terlihat telah turun menjadi 3,1 dan diperkirakan dapat semakin menurun. 
 
Penilaian atau rating terhadap aplikasi Facebook di Play Store dan App Store menurun dalam beberapa jam terakhir di Indonesia di tengah konflik antara Israel dan militan Gaza di Palestina.
 
Berdasarkan pantauan tim Kabar Besuki, Rabu, 19 Mei 2021, pukul 13.12 WIB, rating aplikasi Facebook hanya 2,6 dari poin penuh 5 dengan lebih dari 115 juta ulasan. Sedangkan di App Store, rating Facebook hanya 3,3 dari 5.
 
Di kolom ulasan tampak sejumlah pengguna asal Indonesia yang memberi penilaian 1 bintang menilai Facebook terafiliasi dengan Israel.
 
Tendensi negatif pada Facebook bukan cuma di toko aplikasi, sejumlah netizen di Twitter menyerukan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.
 
Misalnya, akun @Dagdigduq tampak mengunggah video TikTok seorang warga Indonesia dengan akun @wartawan_tiktok yang menyerukan membantu Palestina memerangi musuhnya secara digital.
 
Akun @wartawan_tiktok menyampaikan Facebook, Instagram, dan Twitter adalah perusahaan milik Amerika Serikat. Dia meminta netizen memberi rating bintang 1 kepada seluruh aplikasi itu.
 
Penurunan rating ini dikira akan menurunkan pendapatan AS yang membantu Israel secara finansial.
 
Warganet juga membanjiri kolom komentar dengan ulasan negatif terkait ungkapan kekecewaan soal kebijakan dan keamanan Facebook yang dinilai para pengguna tidak adil.
 
Dilansir Kabar Besuki dari Aplikasi Play Store, Berikut ini ragam pendapat Warganet ulasan di Play Store:
 
"Jadilah adil, minimal bangkitkan kepekaanmu terhadap umat manusia. Karena kamu manusia yang suatu saat nanti merasakan pahitnya tanah kuburan," ujar Herwan Prabowo Eko Sunu.
 
"Saat ini, Facebook dan Instagram membatasi postingan tentang Palestina. Banyak akun yang postingannya tentang Palestina dihapus tiba-tiba, ada yang kena hukum tidak bisa komen atau tidak bisa posting selama 30 hari, kami mengajak follower semua untuk memberikan rating bintang 1 (satu) di Play Store ...," Vtho Stones.
 
Akibat turunnya rating Facebook ini diisukan bakal didepak dari Playstore. Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Facebook secara resmi.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah