Waspada Gempa Susulan di Blitar dan Sekitarnya, BMKG Minta Warga untuk Hindari Bangunan yang Retak

- 22 Mei 2021, 11:05 WIB
Foto: Ilustrasi bangunan retak
Foto: Ilustrasi bangunan retak /Angelo_Giordano/Pixabay/

KABAR BESUKI – Telah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang dimutakhirkan menjadi 5,9 oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengguncang wilayah tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Jumat sekitar pukul 19.00 WIB.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bangunan yang retak akibat gempa saat situasi yang berpotensi terjadinya gempa susulan.

"Gempa susulan akan ada terus dan bangunan yang mulai retak kalau bisa jangan dimasuki dulu, karena meskipun gempa susulan kecil bisa menyebabkan bangunan roboh dan menimbulkan korban jiwa," ujar Deputi bidang Geofisika BMKG M Sadly dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat malam, dikutip Kabar Besuki dari laman Antara pada 22 Mei 2021.

Baca Juga: Beredar Usulan Hamas akan Dirikan Kantor Cabang di Indonesia, Netizen: Dukung Hamas Berarti Dukung Teroris!

Terkait hal ini Sadly juga mengungkapkan bahwa meski gempa bumi susulan berkekuatan kecil, tapi harus diperhatikan bila menyebabkan bangunannya mengalami kerusakan atau strukturnya ada penurunan kekuatan, karena sebelumnya diguncang gempa.

Selain itu, BMKG juga meminta pemerintah daerah untuk memastikan konstruksi bangunan di pesisir selatan Jawa seperti gedung sekolah dan perkantoran sudah sesuai standar bangunan tahan gempa.

Dalam hal ini, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan bahwa dampaknya terhadap bangunan perlu diwaspadai meski kekuatan gempa tersebut tak menimbulkan potensi tsunami.

Baca Juga: Tidak Hanya Palestina, Israel Diketahui juga Mengklaim Kemenangan atas Gencatan Senjata yang Terjadi

"Berdasarkan data yang sudah masuk ke BMKG, gempa yang menurut hasil pemodelan tidak berpotensi menimbulkan tsunami itu menyebabkan kerusakan ringan pada beberapa bangunan fasilitas umum dan rumah warga," kata Bambang.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x