Kekuatan Sistem Pertahanan Udara 'NASAMS' Milik TNI AU Dinilai Tak Main-main, Bahkan Gedung Putih Jadi Bukti!

- 24 Mei 2021, 11:40 WIB
potret sistem pertahanan udara 'NASAMS' milik TNI AU Indonesia
potret sistem pertahanan udara 'NASAMS' milik TNI AU Indonesia /Instagram @infokomando/

KABAR BESUKI - Israel memiliki sistem pertahanan udara Iron Dome yang kabarnya berhasil melenyapkan ratusan roket Hamas pada pekan lalu.

Jadi Indonesia juga punya sistem pertahanan udara, lho. TNI AU memiliki ‘kubah besi’ yang disebut National Surface-to-Air Missile System (NASAMS). Kekuatan NASAMS tak main-main lho.

NASAMS memang sangat jauh dari Multilayer Iron Dome, namun sistem pertahanan udara besutan Kongsberg Norwegi ini bukan satu-satunya yang digunakan Indonesia.

Di kelas yang sama dengan Amerika Serikat, cukup menggunakan NASAMS untuk melindungi objek viral negara Paman Sam.

Baca Juga: Jenazah Muslim Tertukar dan Tetap Disholatkan Meski Terlanjur Jadi Abu, Bikin Geger Warga dan Keluarga Emosi

NASAMS merupakan sistem pertahanan udara terintegrasi yang menggunakan peluru kendali (peluru kendali) sebagai alat penghancur sasaran di udara, dengan dukungan radar dan pos komando sebagai alat pendeteksi dan eksekusi sasaran.

NASAMS memiliki jangkauan 50 hingga 70 km dan dapat memantau, mengidentifikasi, dan menghilangkan target secara global berupa jet tempur, helikopter, rudal jelajah, dan drone (UAV) secara global.

Dikutip Infokomando, TNI AU menyukai Nasams ini karena bisa diintegrasikan ke dalam rudal yang digunakan para pejuang TNI AU.

“NASAMS bukan sistem Hanud kaleng-kaleng lho, karena di AS sana Sista ini digunakan untuk menjaga obyek vital di Washington DC, termasuk Gedung Putih,” tulis akun Instagram dengan nama pengguna @Infokomando.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Instagram @infokomando


Tags

Terkini

x