Penyelidikan Kebocoran Data BPJS Kesehatan Terus Dilakukan, Hingga Saat Ini Belum ada Hasil

- 24 Mei 2021, 18:22 WIB
Pernyataan Resmi Kominfo Terkait Dugaan Kebocoran Data Pribadi Penduduk Indonesia.
Pernyataan Resmi Kominfo Terkait Dugaan Kebocoran Data Pribadi Penduduk Indonesia. /Dok. Kominfo.go.id

KABAR BESUKI - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan bahwa penyelidikan terhadap dugaan kebocoran data pengguna BPJS Kesehatan masih berlangsung hingga hari ini Senin 24 Mei 2021.

Lewat Menteri Kominfo Johnny G. Plate, kementerian sedang melakukan audit forensik terhadap kasus kebocoran data di institusi kesehatan tersebut.

Baca Juga: Viral Video Bakar Al-Quran, Pelaku Akhirnya Berhasil Ditangkap Polisi

Selain itu, tidak hanya pihaknya saja yang melakukan penyelidikan, Bareskrim Polri juga melakukan pemeriksaan terkait kasus tersebut.

"Yang berhubungan dengan potensi kebocoran data BPJS (Kesehatan), tentu saat ini sedang berlangsung juga pemeriksaan oleh Polri, kami mendukung itu," kata Johnny, Senin 24 Mei 2021.

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, penyelidikan terhadap kasus kebocoran data yang berjumlah ratusan juta ini, melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara.

Baca Juga: Oknum Pimpinan KPK Dilaporkan Ke Komnas HAM, Novel Baswedan: Ini Bukan Pertama Kali

"Kita berharap lembaga ini bekerja sama, bukan hanya memastikan pemeriksaan terhadap BPJS (Kesehatan), tapi, keseluruhan tata kelola penyelenggara sistem elektronik di Indonesia," kata Johnny.

Diketahui sebanyak 279 juta data pengguna Indonesia diduga bocor dan diperjual-belikan pada situs gelap Raid Forums serta peretas mengklaim 20 juta data berisi foto pribadi.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x