Pandemi Membuat Pabrik-Pabrik di Sebagian Benua Asia Alami Kelangkaan Bahan Baku

- 1 Juni 2021, 13:29 WIB
ILUSTRASI: Perakitan mobil di pabrik Kawasaki dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corp, yang dimiliki oleh Daimler AG yang berbasis di Jerman, di Kawasaki, selatan Tokyo, Jepang
ILUSTRASI: Perakitan mobil di pabrik Kawasaki dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corp, yang dimiliki oleh Daimler AG yang berbasis di Jerman, di Kawasaki, selatan Tokyo, Jepang /Issei Kato/REUTERS

KABAR BESUKI - Aktivitas pabrik di Asia terus berkembang di bulan Mei berkat pemulihan yang sedang berlangsung dalam permintaan global, survei menunjukkan pada hari Selasa 1 Juni 2021, meskipun kenaikan biaya bahan baku dan kendala rantai pasokan mengaburkan prospek.

Lonjakan infeksi Covid-19 di negara-negara seperti Taiwan dan Vietnam dapat mengganggu produksi semikonduktor dan rantai pasokan, menimbulkan sakit kepala bagi produsen dan membebani pemulihan yang didorong oleh ekspor Asia, kata para analis.

Jepang dan Korea Selatan melihat ekspansi dalam aktivitas pabrik yang moderat di bulan Mei, indeks manajer pembelian (PMI) menunjukkan pada hari Selasa, menggarisbawahi sifat rapuh dari pemulihan mereka.

Baca Juga: Kemhan Berencana Gelontorkan Rp1,7 Kuadriliun untuk Belanja Alutsista, Pengamat: Bukan Angka yang Fantastis

"Penyebaran varian baru sudah berdampak negatif pada rantai pasokan. Jika situasi ini berlanjut, itu akan memukul produsen Asia yang telah berebut untuk mendiversifikasi rantai pasokan dari China," kata Toru Nishihama, kepala ekonom di Dai-ichi Life. Institusi penelitian.

"Pemulihan Asia lebih didorong oleh permintaan eksternal daripada domestik. Jika perusahaan mengalami kesulitan mengekspor barang yang cukup, itu menjadi pertanda buruk bagi ekonomi kawasan itu," tambahnya.

Aktivitas pabrik China berkembang pada laju tercepat tahun ini di bulan Mei karena permintaan yang solid di dalam dan luar negeri, meskipun kenaikan tajam dalam harga input dan ketegangan dalam rantai pasokan menghambat produksi beberapa perusahaan, sebuah survei menunjukkan pada hari Selasa 1 Juni 2021Baca Juga: Polisi: 10 Orang Terduga Teroris Jaringan Ansharut Daulah Merauke Sudah Sumpah Setia Ke ISIS.

Dilansir Kabar Besuki dari Reuters, IMP Manufaktur Caixin/Markit, yang berfokus pada perusahaan kecil, naik menjadi 52,0 bulan lalu, tertinggi sejak Desember dan naik tipis dari 51,9 April.

Survei tersebut mengikuti PMI resmi China pada hari Senin, yang menunjukkan aktivitas pabrik di ekonomi terbesar kedua di dunia itu sedikit melambat pada bulan Mei karena melonjaknya biaya bahan baku.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x