MV X-Press Pearl Terbakar di Laut Sri Lanka, Pihak Berwajib Khawatirkan Pencemaran Lingkungan

- 2 Juni 2021, 18:19 WIB
Ilustrasi kapal laut dari kejauhan
Ilustrasi kapal laut dari kejauhan /Casey Horner/Unsplash/

KABAR BESUKI - Sebuah kapal kontainer yang terbakar telah menyebabkan bencana lingkungan maritim terburuk di Sri Lanka berada dalam bahaya.

Tenggelam pada hari Rabu, 2 Juni 2021 dengan beberapa ratus ton minyak masih berada di tangki bahan bakarnya, kata angkatan laut.

MV X-Press Pearl, yang membawa ratusan ton bahan kimia dan plastik, terbakar selama 13 hari di depan pantai pulau itu sebelum petugas penyelamat akhirnya berhasil memadamkan api pada hari Selasa.

Baca Juga: Masih Ada Oknum Bandel, Polda Metro Jaya Mulai Menertibkan Pesepeda di Luar Jalur Khusus

Sejumlah besar puing plastik telah membanjiri pantai, dan pihak berwenang sekarang mengkhawatirkan bencana yang lebih besar jika 278 ton minyak bunker dan 50 ton gas di tangki bahan bakar kapal yang terdaftar di Singapura bocor ke Samudra Hindia.

Menteri Perikanan Kanchana Wijesekera mengatakan bahwa perusahaan penyelamatan yang terlibat dalam operasi telah mengindikasikan bahwa kapal tersebut tenggelam di lokasi saat ini di Sarakkuwa, di utara pelabuhan Kolombo, kata buritan kapal berada di bawah air. Dilansir Kabar Besuki melalui laman Channel News Asia.

Seorang pejabat yang terlibat dalam upaya mitigasi mengatakan sebelumnya bahwa tenaga ahli lokal dikhawatirkan kapal itu tidak stabil.

Dalam upaya pemadaman kebakaran juga terlihat banyak air disemprotkan ke geladak. Sebagian besar air itu telah mengendap di buritan yang turun sekitar satu meter.

Baca Juga: Studi Mengatakan Setiap Orang Memiliki Perjalanan yang Hampir Sama, Akan Menemui 3 Bentuk Cinta

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x