PMI Ungkap Kebutuhan Plasma Konvalesen Jawa Tengah Terpenuhi 91 persen di Saat Virus Covid-19 Makin Meluas

- 17 Juni 2021, 13:12 WIB
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 dengan Plasma Konvalesen
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 dengan Plasma Konvalesen /Elf-Moondance/pixabay

KABAR BESUKI – Pasien terkonfirmasi Covid-19 di Jawa Tengah diketahui makin meningkat, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga terus berupaya mengingatkan kepada warganya untuk waspada dengan penyebaran virus Covid-19 varian baru dengan terus meningkatkan protokol kesehatan.

“Saya ingatkan semua untuk waspada. Awas varian baru. Saya ulangi awas varian baru. Jangan disepelekan. Peningkatan yang cukup tinggi akhir-akhir ini rasa-rasanya ini varian baru. Tetap jaga protokol kesehatan," kata Ganjar Pranowo, yang sebagaimana dikutip dari laman humas pemprov jateng.

Selain itu Ganjar juga meminta seluruh Kabupaten/Kota terus meningkatkan tracing dan testing. Hal tersebut dilakukan agar lebih mengetahui penyebaran virus Covid-19 yang meluas menjauh daerah mana saja.

Baca Juga: Jika Anda Jarang Merasa Lapar di Pagi Hari, Ternyata Menunjukkan Adanya Masalah dalam Tubuh

Sementara itu, PMI Jawa Tengah terus berupaya untuk dapat memenuhi semua kebutuhan darah plasma konvalesen.

Dikutip dari Prima Hospital, plasma konvalesen adalah plasma darah dari pasien yang telah sembuh atau penyintas Covid-19.  Plasma darah pasien penyintas ini mengandung antibodi atau kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Terapi plasma konvalesen diberikan kepada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian, terdapat antibodi yang masuk ke tubuh pasien, nantinya diharapkan dapat menetralisir serta mengalahkan infeksi virus yang sedang terjadi.

Diketahui, menurut pemaparan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, sejak pandemi Covid-19 terjadi sekitar Maret 2020 hingga sekarang, PMI Jawa Tengah mendapatkan permintaan plasma konvalesen dari masyarakat sebanyak 11.197 kantong.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo Semakin Dekat, Akan Tetapi Jepang Masih Berusaha Menghentikan Darurat Covid-19

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Terkini

x