Satgas Covid-19 Ungkap Testing Gagal Capai Target Selama PPKM Gara-gara Varian Delta

- 23 Juli 2021, 09:43 WIB
Satgas Covid-19 ungkap Testing Gagal Capai Target Selama PPKM Gara-gara Varian Delta
Satgas Covid-19 ungkap Testing Gagal Capai Target Selama PPKM Gara-gara Varian Delta /Sekretariat presiden/tangkapan layar Youtube

KABAR BESUKI – Satuan Tugas penanganan Covid-19 mengungkap bahwa program testing dengan target 324.283 orang selama PPKM Darurat masih belum terealisasi secara maksimal.

Upaya testing ini dilakukan pemerintah untuk dapat dengan cepat mendeteksi orang yang terinfeksi virus Covid-19 sehingga masyarakat yang terinfeksi bisa langsung mendapatkan penanganan.

Namun, program testing ini ternyata tidak berjalan dengan baik dan tidak memenuhi target yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Baca Juga: Ketua MPR Minta Aparat Jangan Arogan Saat Penegakan PPKM

Juru bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa kegagalan program testing ini disebabkan karena adanya varian Delta.

“Jadi tantangan terkait testing ini erat hubungannya dengan kasus konstan dimana rata-rata penambahan kasus harian diatas 10 ribu dalam satu bulan terakhir serta kemunculan varian Delta,” ungkap Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa varian Delta ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Pasalnya, varian ini dinilai paling mudah untuk menyebar.

“Karakteristik varian Delta yang mudah menular memberikan tekanan cukup besar pada fasilitas penyedia layanan kesehatan, laboratorium, serta berbagai unsur lainnya sehingga menimbulkan potensi keterlambatan pencatatan,” jelas Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Pengamat Sarankan Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Jabatan Rektor: Tanpa Diminta Seharusnya Mengundurkan Diri

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Terkini

x