Miris! Relawan Pemakaman Covid-19 Dianiaya Warga, Dipukul dan Dilempar Batu

- 24 Juli 2021, 10:53 WIB
Miris! Relawan Pemakaman Covid-19 Dianiaya Warga, Dipukul dan Dilempar Batu
Miris! Relawan Pemakaman Covid-19 Dianiaya Warga, Dipukul dan Dilempar Batu /pikiran-rakyat.com

KABAR BESUKI – Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya telah menelan banyak korban, baik itu dari kalangan warga biasa hingga para tenaga medis.

Pasien yang meninggal akibat Covid-19 tentu mempunyai protokol tersendiri dalam pemakamannya, karena dikhawatirkan masih dapat menularkan virus.

Namun apa yang terjadi dilapangan, tak sedikit penolakan dari warga ketika pasien terkonfirmasi positif dimakamkan secara protokol Covid-19, salah satunya yang terjadi di Jember baru-baru ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Peringati Hari Anak Nasional, Malah Dapat Pertanyaan: Kalau Jadi Presiden Ngapain Aja?

Relawan pemakaman jenazah Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur mendapat sambutan tidak baik dari warga.

Warga menolak hingga menganiaya petugas usai mengambil paksa jenazah terkonfirmasi positif yang akan dimakamkan secara protokol kesehatan Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jember Moh. Djamil saat menggelar konferensi pers di Kantor BPBD setempat, Jumat, 23 Juli 2021 sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari PMJ NEWS.

"Warga merebut peti jenazah dan membukanya, kemudian mereka berencana untuk memandikan jenazah tersebut. Hal itu tidak sesuai dengan protokol pemulasaran jenazah yang terkonfirmasi positif," kata Djamil.

Bahkan upaya paksa pengambilan jenazah pasien terkonfirmasi positif tersebut menyebabkan sejumlah relawan mengalami kesakitan setelah dipukul hingga dilempari batu.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Terkini

x