Indonesia Telah Melewati 100.000 Lebih Kematian yang Diakibatkan Covid-19

- 5 Agustus 2021, 20:40 WIB
Indonesia Telah Melewati 100.000 Lebih Kematian yang Diakibatkan Covid-19
Indonesia Telah Melewati 100.000 Lebih Kematian yang Diakibatkan Covid-19 /Pexels/Edward Jenner

KABAR BESUKI - Indonesia mencatat tonggak suram lebih dari 100.000 kematian akibat Covid-19 pada Rabu 4 Agustus 2021, data dari kementerian kesehatan negara itu menunjukkan, dengan negara Asia Tenggara baru-baru ini menyumbang satu dari lima kematian secara global.

Indonesia telah berjuang melawan gelombang infeksi virus corona dan kematian yang didorong oleh varian Delta yang sangat menular selama sebulan terakhir, karena negara itu dengan cepat menjadi episentrum virus corona di Asia.

Pada hari Rabu, data menunjukkan jumlah total infeksi di Indonesia telah mencapai 3,53 juta, sementara kematian naik 1.747 menjadi 100.636, meskipun para ahli kesehatan masyarakat percaya jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Vaksin Moderna Dinyatakan 93 Persen Efektif, untuk Empat hingga Enam Bulan Setelah Dosis Kedua

“Indonesia membutuhkan audit kematian COVID yang komprehensif,” kata Defriman Djafri, seorang ahli epidemiologi di Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, mengutip tanggapan layanan kesehatan yang kurang optimal.

Keterlambatan perawatan di rumah sakit yang dapat menyebabkan kematian Covid-19 yang dapat dicegah dan tingkat komorbiditas harus diselidiki, tambahnya.

Korban virus corona di Indonesia sekitar 50.000 pada akhir Mei, yang berarti bahwa kematian telah berlipat ganda sejak saat itu.

Kekurangan pengujian dan penelusuran semakin memperburuk jumlah kematian, kata Masdalina Pane dari Asosiasi Epidemiologi Indonesia.

"Pasien datang ke rumah sakit dalam kondisi parah atau kritis, Mereka datang ke rumah sakit untuk meninggal," tambahnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x