Bom Bunuh Diri Saat Sholat Jumat di Masjid Kota Kunduz, Puluhan Jemaah Tewas

- 9 Oktober 2021, 09:37 WIB
Bom Bunuh Diri Saat Sholat Jumat di Masjid Kota Kunduz, Puluhan Jemaah Tewas
Bom Bunuh Diri Saat Sholat Jumat di Masjid Kota Kunduz, Puluhan Jemaah Tewas //Euronews/YouTube

KABAR BESUKI - Serangan bom bunuh diri yang terjadi saat sholat jumat di sebuah masjid di Kota Kunduz Afghanistan tewaskan puluhan jemaah.
 
Bom tersebut meledak saat pelaksanaan ibadah sholat jumat pada Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Serangan tersebut merupakan serangan terburuk sejak Taliban mengambil alih kendali Afghanistan pada Agustus lalu.
 
 
Negara Islam di Provinsi Khorasan, ISKP (ISIS-K) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu melalui saluran Telegramnya pada hari Jumat.
 
Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di Telegram, kelompok itu mengatakan seorang pembom bunuh diri ISIS-K dengan meledakkan rompi peledak di tengah kerumunan jemaah Syiah yang berkumpul di dalam masjid tersebut.
 
Rekaman video menunjukkan mayat-mayat dikelilingi oleh puing-puing di dalam Masjid Gozar-e-Sayed Abad yang digunakan oleh orang-orang dari komunitas minoritas Muslim Syiah.
 
 
Misi PBB untuk Afghanistan mengatakan dalam sebuah tweet bahwa ledakan itu menewaskan dan melukai lebih dari 100 orang.
 
Dost Mohammad Obaida, wakil kepala polisi untuk provinsi Kunduz, juga mengatakan setidaknya 100 orang tewas atau terluka dalam serangan itu, menambahkan bahwa sebagian besar dari mereka telah tewas.
 
“Saya meyakinkan saudara-saudara Syiah kami bahwa Taliban siap untuk memastikan keselamatan mereka,” kata Obaida, ujarnya, dikutip Kabar Besuki dari Aljazeera.
 
Sementara itu, Kantor Berita Bakhtar yang dikelola pemerintah mengatakan sedikitnya 46 orang tewas, sementara lebih dari 140 orang terluka di dalam masjid di daerah Khan Abad di kota Kunduz.
 
 
Sedangkan, seorang wakil direktur departemen kesehatan provinsi itu mengatakan ada sekitar 50 orang tewas dan sedikitnya 50 orang terluka.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Aljazeera


Tags

Terkait

Terkini

x