Tanggapi Aksi Polisi yang Banting Mahasiswa Saat Demo, Refly Harun: Petugas Keamanan Gagal Mengamankan

- 14 Oktober 2021, 12:14 WIB
Tanggapi Aksi Polisi yang Banting Mahasiswa Saat Demo, Refly Harun: Petugas Keamanan Gagal Mengamankan
Tanggapi Aksi Polisi yang Banting Mahasiswa Saat Demo, Refly Harun: Petugas Keamanan Gagal Mengamankan /Tangkap Layar YouTube.com/Refly Harun

KABAR BESUKI - Kejadian demo di Tangerang yang disertai insiden aksi polisi membanting mahasiswa menuai banyak kecaman publik.

Pakar hukum tata negara Refly Harun turut menanggapi aksi polisi yang membanting mahasiswa saat demo di depan Kantor Bupati Tangerang.

Refly Harun mempertanyakan sikap polisi yang kerap bertindak represif hampir setiap aksi demo berlangsung.

"Kenapa setiap ada demo ini tindakannya selalu represif? Padahal demo ini dijamin konstitusi dan undang-undang, kan aneh. Setiap ada demo pasti ada kerusuhan, padahal petugas itu berkewajiban mengamankan demo karena itu hak konstitusional," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Mahasiswa Dibanting Polisi Saat Demo di Tangerang, Rocky Gerung: Indonesia Sedang Menuju Otoritarianisme

Refly Harun menilai petugas keamanan atau polisi telah gagal mengamankan aksi demo di Tangerang kemarin.

Menurutnya, polisi harus betul-betul bersikap profesional dalam mengamankan demo dan bukan membungkam suara kritis dari peserta demo.

"Jadi kalau demo itu rusuh, berarti petugas keamanan gagal mengamankan demonstrasi tersebut. Seharusnya jangan ditimpakan kepada peserta demo, tapi coba keamanan yang betul-betul profesional mengamankan unjuk rasa tapi bukan melarang unjuk rasa," ujarnya.

Refly Harun menyarankan agar setiap aksi demo dilakukan secara damai dan mengedepankan negosiasi antara polisi dengan peserta demo serta pihak terkait.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x