Reuni 212 Tetap Akan Digelar di Patung Kuda, Refly Harun: Menyampaikan Pendapat Itu Tidak Perlu Izin

- 2 Desember 2021, 06:30 WIB
Reuni 212 Tetap Akan Digelar di Patung Kuda, Refly Harun: Menyampaikan Pendapat Itu Tidak Perlu Izin.
Reuni 212 Tetap Akan Digelar di Patung Kuda, Refly Harun: Menyampaikan Pendapat Itu Tidak Perlu Izin. /Antara/Zarqoni Maksum/

KABAR BESUKI - Reuni 212 dipastikan tetap akan digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat meski tak memperoleh izin dari Polda Metro Jaya.

Pakar hukum tata negara Refly Harun menanggapi kabar Reuni 212 yang tetap akan digelar di Patung Kuda meski tak dapat izin Polda Metro Jaya.

Refly Harun menegaskan bahwa menyampaikan pendapat tak memerlukan izin seperti halnya Reuni 212 yang tetap akan digelar di Patung Kuda.

Dia juga mengatakan bahwa penggunaan izin keramaian sejatinya hanya diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan tertentu seperti pertunjukan musik dan lain sebagainya.

"Izin itu kalau penggunaan yang terkait dengan keramaian seperti pertunjukan musik dan lain sebagainya, tapi kalau itu menyampaikan pendapat itu tidak perlu izin karena akan merusak demokrasi kita, terlebih oleh atau dari penegak hukum," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 1 Desember 2021.

Baca Juga: Refly Harun Pertanyakan Alasan Reuni 212 Tak Boleh Digelar di Jakarta Meski Kasus Covid-19 Melandai

Refly Harun lebih lanjut mengungkapkan, tak ada yang sulit bagi aparat keamanan untuk mengelola massa Reuni 212 karena hanya berlangsung sehari saja.

Menurutnya, hal tersebut hanya memerlukan komunikasi yang baik antara peserta aksi dengan pihak berwenang.

"Apa susahnya mengelola hal-hal seperti ini? Toh kegiatannya kan cuma sehari saja. Yang kedua, bagaimana kemudian komunikasi yang baik antara pemerintahan dan peserta aksi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x