Satu Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Menkes Budi Sadikin: Tidak Usah Panik

- 16 Desember 2021, 13:45 WIB
Menkes Budi Gunadi temukan kasus pertama varian Omicron/tangkapan layar Youtube Kementerian Kesehatan RI
Menkes Budi Gunadi temukan kasus pertama varian Omicron/tangkapan layar Youtube Kementerian Kesehatan RI /

KABAR BESUKI -  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa Indonesia telah mendeteksi adanya satu kasus pasien yang terpapar varian Omicron.

Budi Sadikin mengatakan bahwa kasus pertama Omicron ini dialami oleh salah seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta.

“Kemenkes tadi malam mendetaksi seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid, ini sekuensing Omicron,” kata Budi Gunadi Sadikin seperti dikutip Kabar Besuki dalam konferensi pers yang ditayangkan dalam Youtube Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga: WHO Sebut Varian Omicron Sudah Terdeteksi di 77 Negara, Tedros Adhanom Ghebreyesus Ungkap Hal Ini

Menkes Budi mengungkap bahwa kasus pertama penularan varian Omicron di Indonesia berawal dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet.

Pada tanggal 8 Desember 2021, tiga orang petuga kebersihan ini terdeteksi terinfeksi Covid-19. Hasil PCR ketiganya kemudian dikirimkan ke Balitbangkes untuk melakukan genome sequencing.

Dari tiga orang yang terpapar Covid-19, Menkes Budi mengatakan bahwa satu diantaranya terdeteksi terinfeksi varian Omicron.

Baca Juga: Siti Fadilah Supari Curiga Covid-19 Bukan Pandemi Tapi Bioterrorism: Perang Pake Virus

“Hasilnya keluar pada 15 Desember 2021, yakni tiga orang yang positif tadi, satu orang yang terdeteksi varian Omicron,” jelas Menkes Budi.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Kementerian Kesehatan RI


Tags

Terkait

Terkini

x