Rocky Gerung Sebut Pasokan Listrik Indonesia Terancam Habis Karena Minim Insentif Riset Energi Alternatif

- 5 Januari 2022, 12:22 WIB
Rocky Gerung Sebut Pasokan Listrik Indonesia Terancam Habis Karena Minim Insentif Riset Energi Alternatif.
Rocky Gerung Sebut Pasokan Listrik Indonesia Terancam Habis Karena Minim Insentif Riset Energi Alternatif. /Ilustrasi/PIXABAY/analogicus

KABAR BESUKI - Akademisi Rocky Gerung angkat bicara mengenai pasokan listrik di Indonesia yang dikabarkan terancam habis.

Rocky Gerung membongkar penyebab utama pasokan listrik Indonesia yang dikabarkan terancam habis dalam beberapa waktu terakhir, bahkan hingga membuat Kementerian ESDM melarang ekspor batu bara.

Rocky Gerung menyebut pasokan listrik Indonesia terancam habis karena minimnya insentif untuk riset energi alternatif.

Terlebih kata dia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkesan ingin memonopoli dunia riset Indonesia yang seharusnya dibagi ke sejumlah perguruan tinggi maupun lembaga penelitian independen di daerah.

"Insentif untuk riset energi alternatif itu nggak jalan. Apalagi sekarang BRIN itu dikoordinasi di pusat, padahal riset itu mestinya dibagi ke universitas-universitas," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official dalam sebuah video yang ditayangkan pada Rabu, 5 Januari 2022.

Baca Juga: Indonesia Terancam Krisis Pasokan Listrik di 2022, Rocky Gerung: Seluruh Industri Akan Mengalami Akibatnya

Sebagaimana diketahui, pasokan listrik di Indonesia belakangan ini dikabarkan terancam habis karena minimnya pasokan batu bara dari perusahaan penambang.

Ancaman kelangkaan pasokan listrik di Indonesia berpotensi menyebabkan setidaknya 10 juta pelanggan PLN di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) terancam tidak dapat menikmati fasilitas listrik dari PLN.

Tak hanya menyebabkan blackout setidaknya di kawasan Jamali, beberapa pelaku usaha juga berpotensi terdampak secara ekonomi jika aliran listrik terputus akibat tidak adanya pasokan listrik dari PLN.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x