Indonesia Terancam Krisis Pasokan Listrik di 2022, Rocky Gerung: Seluruh Industri Akan Mengalami Akibatnya

- 2 Januari 2022, 13:34 WIB
Indonesia Terancam Krisis Pasokan Listrik di 2022, Rocky Gerung: Seluruh Industri Akan Mengalami Akibatnya.
Indonesia Terancam Krisis Pasokan Listrik di 2022, Rocky Gerung: Seluruh Industri Akan Mengalami Akibatnya. /Ilustrasi/Pixabay/Denny Franzkowiak

KABAR BESUKI - Akademisi Rocky Gerung soroti isu krisis pasokan listrik yang disebut-sebut akan mengancam Indonesia di tahun 2022.

Rocky Gerung menyebut seluruh industri akan mengalami akibatnya jika Indonesia terancam mengalami krisis pasokan listrik di tahun 2022.

Rocky Gerung mengingatkan agar seluruh pelaku industri mengatur ulang perencanaan produksi dan distribusi dalam periode tiga hingga empat tahun ke depan untuk menghadapi ancaman krisis pasokan listrik di tahun 2022 yang dikabarkan akan melanda Indonesia.

"Jadi seluruh industri akan mengalami akibatnya. Jadi mesti atur ulang kapan perencanaan produksi dimulai, bagaimana distribusi tiga empat tahun ke depan," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Minggu, 2 Januari 2022.

Baca Juga: Dilanda Krisis Bahan Bakar, Lebanon Terpaksa Menutup 2 Pembangkit Listrik Utama

Isu krisis pasokan listrik yang disebut-sebut akan mengancam Indonesia pada tahun 2022 disinyalir dipicu oleh aksi ekspor batubara yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan pemasok batubara di tanah air.

PLN pun kemudian menanggapi isu krisis pasokan listrik tersebut dengan memperingatkan seluruh pemasok batubara ke sejumlah PLTU yang dikelola PLN untuk memenuhi komitmennya.

Bahkan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan larangan untuk melakukan ekspor batubara kepada pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) batubara di tanah air setidaknya sepanjang Januari 2022.

Pasalnya apabila PLTU yang dikelola PLN kekurangan stok batubara, sebagian wilayah Indonesia terancam akan mengalami 'blackout' karena 10 juta pelanggan PLN di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) tak dapat menggunakan layanan listrik dari PLN.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x