Temui Petani Sawit, Presiden Jokowi Dinilai Rocky Gerung Tak Mampu Hadapi Kekuatan Mafia Minyak Goreng

- 24 Maret 2022, 09:14 WIB
Temui Petani Sawit, Presiden Jokowi Dinilai Rocky Gerung Tak Mampu Hadapi Kekuatan Mafia Minyak Goreng.
Temui Petani Sawit, Presiden Jokowi Dinilai Rocky Gerung Tak Mampu Hadapi Kekuatan Mafia Minyak Goreng. /Sekretariat Presiden/

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyoroti aksi Presiden Jokowi yang menemui petani sawit di tengah isu gejolak harga minyak goreng usai stok kembali melimpah di pasaran.

Rocky Gerung menilai Presiden Jokowi memilih menemui petani sawit karena tak mampu menghadapi kekuatan mafia minyak goreng.

Rocky Gerung mengatakan, Mendag Lutfi tampak telah menyerah dalam menghadapi mafia minyak goreng sehingga akhirnya 'lempar handuk' atas persoalan tersebut kepada Presiden Jokowi.

"Bayangkan misalnya, Saudara Menteri dia sebetulnya udah lempar handuk dan minta Jokowi sebagai bosnya itu atasi persoalan, kalau nggak dia dipermalukan terus," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Kamis, 24 Maret 2022.

Baca Juga: Akibat Minyak Goreng Mahal, Simak Cara Membuat Minyak Goreng Sendiri Hanya Pakai Kelapa dan Air Saja!

Rocky Gerung juga menungkapkan, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi tak mampu mengundurkan diri dari jabatannya karena telah menjadi 'proxy' dari para mafia minyak goreng di Indonesia.

"Kalau dia minta mundur, dia mesti ditekan lagi supaya 'Jangan mundur, karena Anda adalah proxy kami di kabinet', kira-kira begitu jalan pikiran pemain-pemain utama sawit ini kan?," ujarnya.

Mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia (UI) itu juga mengatakan, Mendag Lutfi saat ini sedang masuk dalam jebakan mafia minyak goreng, sehingga apapun keputusannya akan menjadi masalah tersendiri.

"Jadi sebetulnya, saudara Lutfi itu akhirnya masuk dalam jebakan oligarki tuh. Kalau dia mundur itu berarti akan banyak komplikasi, dan kalau dia tetap bertahan juga dia akan ditekan oleh publik," katanya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x