Rizal Ramli Puji Prestasi Gus Dur dalam Memimpin Kabinet dan Demokrasi: Orangnya Fleksibel

- 5 April 2022, 07:15 WIB
Rizal Ramli Puji Prestasi Gus Dur dalam Memimpin Kabinet dan Demokrasi: Orangnya Fleksibel.
Rizal Ramli Puji Prestasi Gus Dur dalam Memimpin Kabinet dan Demokrasi: Orangnya Fleksibel. /Tangkap Layar YouTube.com/Fadli Zon Official

KABAR BESUKI - Ekonom senior Rizal Ramli memuji prestasi KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dalam memimpin kabinet dan demokrasi selama masa pemerintahannya.

Rizal Ramli memuji prestasi Gus Dur dalam memimpin kabinet dan demokrasi karena sosoknya yang dikenal sangat fleksibel.

Rizal Ramli menyebut, Gus Dur selama masa kepemimpinannya membebaskan siapapun untuk mengusulkan nama calon menteri, namun dia juga tak segan-segan memecat menteri yang tidak mampu bekerja dengan baik.

"Pak Gus Dur orangnya fleksibel, siapa aja boleh ngusulin. Begitu sebulan kelihatan menterinya kagak bisa kerja, ya diganti sama orang lain. Dia mah gak ragu-ragu," kata Rizal Ramli sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 5 April 2022.

Baca Juga: Rizal Ramli Sebut Rezim Presiden Jokowi Lebih Buruk dari Soeharto dan Gus Dur: Kalau Jatuh Menyakitkan Sekali

Rizal Ramli sangat mengapresiasi cara Gus Dur yang sangat menjunjung tinggi demokrasi dalam memilih menteri, meski tetap mengutamakan kinerja dalam evaluasinya.

Dengan sistem tersebut, mantan Menko Kemaritiman itu menilai bahwa Gus Dur akhirnya dapat menemukan menteri dengan kualitas yang mumpuni, sebelum jabatannya sebagai Presiden RI digantikan oleh Megawati Soekarnoputri.

"Tetapi akibat sistem yang seperti ini, akhirnya Gus Dur di ujung jabatannya dapat orang-orang yang relatif bagus," ujarnya.

Baca Juga: Islam Disebut Tak Butuh NU dan Gus Dur, Faizal Assegaf Tegaskan NU Bukan Produk Islam: Stop Nipu Umat!

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x