Para Ahli Peringatkan Malaysia, Akan Munculnya COVID-19 Varian Omicron XE

- 7 April 2022, 14:37 WIB
ilustrasi omicron varian XE
ilustrasi omicron varian XE /pexels.com

KABAR BESUKI - Para ahli memberi peringatan kepada Malaysia bahwa ada kemungkinan varian Omicron XE muncul dalam waktu satu bulan dan akan menimbulkan bahaya baru. Padahal saat ini kasus Covid-19 harian di Malaysia mengalami penurunan.

Menurut ahli epidemiologi medis Universitas Putra Malaysia, Malina Osman, varian Omicron saat ini tiba di Malaysia dalam waktu satu atau dua bulan bahkan ketika perbatasan negara sudah ditutup.

Mengingat hal ini, Associate Professor Malina memperkirakan bahwa Omicron XE dapat tiba lebih cepat seperti yang telah terdeteksi di Thailand, Taiwan dan Inggris.

Baca Juga: Malaysia Ingin Menjadikan Bahasa Melayu Sebagai Bahasa Kedua ASEAN, Joanne Lin: Banyak Hal yang Lebih Mendesak

“Untuk Omicron XE, secara teoritis bisa lebih cepat sampai dibanding varian Omicron saat ini, tapi kami berharap pengawasan kami bisa membantu membatasi penyebarannya,” ujarnya saat dihubungi The Star, Rabu, 6 April.

Varian Omicron XE pertama kali terdeteksi di Inggris pada 19 Januari, mutasi dari strain Omicron BA.1 dan BA.2, dikatakan 10 persen lebih mudah menular dibandingkan dengan varian saat ini.

Prof Malina mengatakan tidak ada indikasi bahwa varian Omicron XE menyebabkan infeksi parah seperti varian Delta, tetapi risikonya tinggi bagi mereka yang belum divaksinasi atau tidak terinfeksi sebelumnya.

Namun, ia percaya bahwa situasinya akan terkendali karena Malaysia memiliki cakupan vaksinasi yang baik, kepatuhan yang baik terhadap protokol kesehatan, dan langkah-langkah yang diterapkan bagi para pelancong untuk membatasi penyebaran.

Baca Juga: Anak-anak Vladimir Putin Bakal Ikut Dijatuhi Sanksi dari Amerika Serikat Akibat Invasi Rusia Terhadap Ukraina

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: The Straits Times


Tags

Terkait

Terkini

x