Ubedilah Badrun Jelaskan Perbedaan BEM Nusantara dengan BEM SI, Simak Selengkapnya

- 10 April 2022, 03:00 WIB
Ubedilah Badrun Jelaskan Perbedaan BEM Nusantara dengan BEM SI, Simak Selengkapnya.
Ubedilah Badrun Jelaskan Perbedaan BEM Nusantara dengan BEM SI, Simak Selengkapnya. /Ubedilah Badrun/Instagram.com/@ubedilahbadrun.official

KABAR BESUKI - Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menjelaskan perbedaan mendasar antara BEM Nusantara dengan BEM SI.

Ubedilah Badrun menjelaskan bahwa BEM Nusantara dan BEM SI memiliki perbedaan secara historis.

Ubedilah Badrun juga mengatakan bahwa meski anggota BEM Nusantara didominasi oleh Kelompok Cipayung, bukan berarti seluruh mahasiswa dalam kelompok tersebut tergabung di dalamnya.

"BEM Nusantara itu BEM tandingan dari BEM SI, karena dari sisi historis mereka sebetulnya memang banyak dimotori oleh organisasi non internal. Tapi tidak semua Kelompok Cipayung masuk di dalam BEM Nusantara," kata Ubedilah Badrun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Hersubeno Point pada Sabtu, 9 April 2022.

Baca Juga: Wiranto Temui BEM Nusantara Jelang Demo 11 April 2022, Rocky Gerung: Daya Tahan Bangsa Ada pada Mahasiswa

Ubedilah Badrun juga mengungkapkan, BEM Nusantara dan BEM SI memiliki perbedaan pola gerakan yang sangat mendasar.

Menurutnya, pergerakan BEM SI terbillang progresif karena organisasi tersebut terbentuk lebih dahulu dibandingkan BEM Nusantara.

"Dari sisi pola gerakan berbeda, meskipun berdirinya hampir bersamaan kalau secara historis sebetulnya lebih lama BEM SI, karena memang muncul ketuanya ketika sudah mulai keluar SK Mendikbud Nomor 155 Tahun 1998," ujarnya.

Dia juga mengatakan, BEM SI kerap menggelar pertemuan anggotanya sejak organisasi tersebut berdiri pasca reformasi, sebelum akhirnya dibentuk organisasi tandingan bernama BEM Nusantara beberapa tahun setelahnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Hersubeno Point


Tags

Terkait

Terkini

x