Persiapan Mudik Lebaran 2022, Kemenkes Sediakan 340 Pos Kesehatan yang Tersebar di Seluruh Provinsi Indonesia

- 23 April 2022, 09:09 WIB
Kemenkes sediakan pos kesehatan bagi pemudik lebaran 2022/
Kemenkes sediakan pos kesehatan bagi pemudik lebaran 2022/ /Twitter/@KemenkesRI/

KABAR BESUKI – Persiapan mudik lebaran 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sebanyak 340 pos kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. Pemerintah memperkirakan kurang lebih 85 juta orang akan melakukan mudik pada lebaran tahun ini.

Pos kesehatan ini diadakan untuk mengantisipasi pemudik seandainya sakit ataupun butuh pertolongan medis yang cepat dan memadai. Kemenkes menyediakan 13.968 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 KKP, dan 340 Pos Kesehatan.

“Ada 13.968 fasilitas kesehatan di seluruh provinsi sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” ucap Siti Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 pada 20 April, dikutip Kabar Besuki dari laman resmi Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Vaksin HPV, Manfaat dan Jadwal Pemberiannya

Sebanyak 340 Pos Kesehatan telah disiapkan oleh Kemenkes yang dilengkapi dengan ambulance roda dua dan roda empat. Ambulance tersebut ditempatkan di berbagai rest area di jalan toll, pintu exit toll, jalur toll, jalur jalan raya non toll dan beberapa lokasi wisata.

“Adanya pos kesehatan ini nantinya mampu meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya tetap sehat, aman, dan nyaman,” tambahnya.

Pada saat yang sama, Kemenkes juga menghimbau masyarakat yang akan mudik lebaran 2022 untuk segera melakukan vaksin booster COVID-19 karena banyaknya mobilitas masyarakat sehingga resiko penularannya juga akan meningkat.

Pemberian vaksin booster COVID-19 penting untuk meningkatkan imun tubuh sehingga perjalanan mudik akan menjadi lebih aman, nyaman, hingga selamat sampai tujuan.

Baca Juga: Pemerintah Ingin Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, Menag: APBN untuk Kemaslahatan Rakyat

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Kemkes.go.id


Tags

Terkait

Terkini

x