6 Desa di Banyuwangi Dominasi Sepuluh Besar Desa Mandiri Indonesia, Desa Genteng Kulon Menempati Peringkat 1

- 25 April 2022, 18:59 WIB
Desa Genteng Kulon menempati peringkat pertama Desa Mandiri Indonesia
Desa Genteng Kulon menempati peringkat pertama Desa Mandiri Indonesia /Humas Pemkab Banyuwangi/

KABAR BESUKI – Desa Genteng Kulon Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi berhasil mendapatkan peringkat pertama Desa Mandiri di Indonesia.

Tak hanya itu, lima desa lainnya yang ada di kabupaten Banyuwangi juga berhasil menempati peringkat sepuluh besar Desa Mandiri Indonesia.

“Selamat kepada desa-desa di Banyuwangi. Selamat para kepala desa, BPD, dan seluruh warga. Kita terus tingkatkan sinergi untuk kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat desa,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Baca Juga: Seorang Kakek di Banyuwangi Ditemukan Tak Bernyawa di Rumahnya Sendiri, Ini Kronologinya

Selain menjadi peringkat pertama beberapa desa di banyuwangi juga dominasi peringkat sepuluh besar Desa Mandiri Indonesia dalam Indeks Desa Membangun (IDM) Indonesia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dalam IDM 2022 yang dirilis Kemendes PDTT, Desa Genteng Kulon menjadi peringkat pertama Desa Mandiri di Indonesia dengan skor 0.9981. Ini merupakan skor tertinggi tahun ini.

Sedangkan Desa Genteng Wetan menempati peringkat empat dengan skor 0.9905, Desa Setail ada di peringkat lima dengan skor 0.9886, Desa Sukojati di peringkat tujuh dengan skor 0.9870, Desa Kembiritan ada di peringkat sembilan dengan skor 0.9868, sedangkan Desa Kaligondo di peringkat sepuluh dengan skor 0.9857.

Desa mandiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakatnya, dengan ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi (lingkungan) secara berkelanjutan.

Baca Juga: Pelajar Perang Sarung di Depan Pendopo Banyuwangi Diciduk Patroli Polisi, Sempat Bikin Resah Warga

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @banyuwangi_kab


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x