Presiden AS Menentang Undangan Jokowi ke Putin Untuk KTT G20: Rusia Seharusnya Tidak Menjadi Bagian

- 30 April 2022, 14:57 WIB
Presiden Amerika Serikat Menentang Undangan Jokowi ke Putin Untuk KTT G20/
Presiden Amerika Serikat Menentang Undangan Jokowi ke Putin Untuk KTT G20/ /IG Joko Widodo/

KABAR BESUKI - Indonesia menghadapi oposisi Amerika Serikat dan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT Kelompok Dua Puluh (G20) pada November, serta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kata Presiden Joko Jokowi, Jumat, 29 April 2022.

Jokowi selaku pemegang kursi kepresidenan G20 tahun ini, telah berada di bawah tekanan berat dari Barat, yang dipimpin oleh AS, untuk mengecualikan Rusia setelah invasinya ke Ukraina, tetapi ia berpendapat bahwa ia harus tetap "tidak memihak".

“Saya telah mengundang Presiden Zelenskyy untuk menghadiri KTT G20,” kata Jokowi, menunjukkan bahwa kompromi telah dicapai menyusul tekanan dari Presiden AS Joe Biden dan lainnya untuk memungkinkan partisipasi Ukraina untuk mencapai keseimbangan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menawarkan Banyak Kerja Sama Baru Kepada Pemerintah Jepang

Putin mengkonfirmasi dalam panggilan telepon dengan Jokowi bahwa dia akan menghadiri KTT, yang akan berlangsung di pulau Bali, kata pemimpin Indonesia itu dalam pidato yang disiarkan langsung.

Rusia adalah anggota G20, sedangkan Ukraina bukan. Pemerintahan Biden memperjelas pandangannya tentang undangan Putin pada hari Jumat.

"Presiden telah menyatakan secara terbuka penentangannya terhadap Presiden Putin yang menghadiri G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina," kata sekretaris pers Biden Jen Psaki di Washington seperti yang dikutip Kabar Besuki dari CNA.

"Kami telah menyampaikan pandangan kami bahwa kami tidak berpikir Rusia harus menjadi bagian dari itu secara publik dan pribadi," katanya kepada wartawan, menambahkan bahwa Washington memahami undangan itu dikeluarkan "sebelum invasi".

Baca Juga: Presiden Jokowi Tolak Permintaan Zelensky Kirim Bantuan Senjata untuk Ukraina

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x