BMKG Mengungkapkan Penyebab Terjadinya Kondisi Panas Terik di Sejumlh Wilayah Indonesia: Bukan Gelombang Panas

- 9 Mei 2022, 18:07 WIB
Fenomena suhu panas terik yang terjadi di Indonesia bukan gelombang panas menurut BMKG/
Fenomena suhu panas terik yang terjadi di Indonesia bukan gelombang panas menurut BMKG/ /pexels.com/pixabay/

KABAR BESUKI – Akhir-akhir ini sejumlah wilayah di Indonesia merasakan panas terik di siang hari dalam beberapa hari terakhir. Kondisi panas terik yang terjadi oleh masyarakat dikaitkan dengan gelombang panas yang juga terjadi di beberapa negara.

Beberapa waktu lalu India juga diketahui mengalami gelombang panas atau yang biasa disebut Heatwave, yang memakan sejumlah korban meninggal dunia akibat gelombang panas tersebut.

Melalui akun Instagram resmi BMKG menjelaskan terkait penyebab terjadinya suhu panas terik di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca Juga: Luhut Tegaskan PPKM Jawa-Bali Terus Diperpanjang: Pemerintah Akan Memantau Kasus dalam 1-2 Bulan ke Depan

Berikut penjelasan BMKG seperti yang dilansir Kabar Besuki dari Instagram @infobmkg pada Senin, 9 Mei 2022.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode 1 – 7 Mei 2022 berkisar antara 33 – 36.1 derajat celcius. Suhu tertinggi 36.1 derajat celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Suhu maksimum tertinggi di Indonesia terjadi pada bulan April 2019 di Palembang dengan suhu mencapai 38.8 derajat Celcius dan di Temindung Samarinda dengan suhu 38.8 derajat Celcius pada bulan Mei 2018.

BMKG mengungkapkan bahwa fenomena suhu udara terik yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dapat dipicu oleh posisi Matahari yang saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, dimana tingkat pertumbuhan awan dan hujan akan sangat berkurang sehingga cuaca cerah akan cukup mendominasi.

Baca Juga: Baca Kisah Tragis Seorang Istri di India yang harus Kehilangan Suami Akibat Dibunuh Saudara Laki-Lakinya

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @bmkg


Tags

Terkait

Terkini

x