BMKG Peringatkan Provinsi Jawa Timur Hari Ini 1 Juni 2022: Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat, Angin Kencang

- 1 Juni 2022, 11:42 WIB
Ilustrasi, Waspadai hujan lebat disertai kilat dan angin kencang melanda wilayah Jawa Timur dan sejumlah wilayah di Indonesia.
Ilustrasi, Waspadai hujan lebat disertai kilat dan angin kencang melanda wilayah Jawa Timur dan sejumlah wilayah di Indonesia. /Pexels/Ave Calvar Martinez /

KABAR BESUKI – Rabu, 1 Juni 2022, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan peringatan dini prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Indonesia, seperti Jawa Timur yang berpotensi akan dilanda hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Sesuai informasi dari laman resmi BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah Jawa Timur, seperti pagi hari di Nganjuk dan Kabupaten Malang, siang-sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Nganjuk, Magetan, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Selain Jawa Timur, BMKG juga menyampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Prakiraan cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Barat.

Menurut BMKG, Bibit Siklon Tropis 93W kini sedang berada di Negara Filipina membentuk daerah konvergensi memanjang mulai dari Laut Sulawesi hingga Filipina bagian selatan dan di Filipina bagian tengah.

Baca Juga: Felix Siauw Ungkap Jawaban Menohok Soal Konvoi Motor Bendera Khilafah: Khilafah Bagian dari Ajaran Islam

Pusat Tekanan Rendah berada di Samudra Hindia, selatan Lampung yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia, selatan Banten.

Daerah konvergensi lain seperti keberadaan Bibit Siklon Tropis 93W tersebut, terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Selat Malaka, di Samudra Hindia barat Bengkulu, dari perairan selatan hingga utara Jawa Tengah, dari perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, serta dari Selat Karimata sampai menuju Kalimantan bagian utara.

Selain itu, daerah konvergensi juga mulai dari Laut Bali hingga Samudra Hindia selatan NTB, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah, dan terakhir dari Selat Makassar hingga Kalimantan Utara, dan Papua Barat.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x