Puisi Ciptaan JS Khairen Tangis Tak Bersuara Ridwan Kamil: Dimana Anakku, Sungai?

- 2 Juni 2022, 14:37 WIB
Puisi karya JS Khairen untuk Ridwan Kamil
Puisi karya JS Khairen untuk Ridwan Kamil /Instagram/@emmerilkhan/

KABAR BESUKI - Sebuah puisi baru saja ditulis oleh JS Khairen tentang tangis tak bersuara seorang Ridwan Kamil, seorang ayah yang sampai saat ini masih belum menemukan sang putra Emmiril Khan Mumtadz.

Seorang penulis Jombang Santani Khairen atau dikenal JS Khairen merupakan penulis berdarah Minang, kali ini dia menuliskan sebuah tulisan singkat tentang Ridwan Kamil yang masih menunggu sang putra Eril.

Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu menghilang di Sungai Aare pada 26 Mei 2022 hingga saat ini belum diketahui kondisinya.

Baca Juga: Denny Sumargo Ngamuk Podcastnya Dituding Jadi Penyebab Keluarga Ridwan Kamil Celaka: Gak Punya Otak

Melalui tulisan tangan dari JS Khairen yang begitu menyentuh, disaat yang bersamaan dengan puisi tersebut JS Khairen mengunggah moment Ridwan Kamil bertemu dengan Heinrich, penyelamat adik Eril (Zahra).

JS Khairen menuliskan tentang sikap Ridwan Kamil yang masih tegar melihat tim SAR melakukan proses pencarian putranya, Emmeril Kahn Mumtadz yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Tangis paling mengerikan adalah tangis tak bersuara seorang ayah.

Tangannya menyentuh permukaan sungai nan dingin itu. Di dalam hati, ia berteriak. Semoga sentuhan barusan merambat sampai ke anaknya, yang entah berada di mana sekarang. Semoga, sentuhan itu memberi pesan.

Baca Juga: Eril Anak Ridwan Kamil Tak Kunjung Ditemukan, Ria Ricis: Hati Kami Ikut Hancur

Ia coba lihat-lihat ke dasar sungai. Namun yang terlihat malah hal lain; bayangan saat ia menggendong sang putra pertama kali. Saat hari pertama ia mengantarkannya ke sekolah. Juga saat bersorak bangga saat anaknya lulus.

Masih ia percik-percikan permukaan sungai itu. Mungkin jika boleh bertanya, ia akan bertanya, dilansir Kabar Besuki dari Instagram JS Khairen.

Dalam tulisannya, JS Khairen menyertakan ungkapan hati Ridwan Kamil yang mungkin saja diucapkan dalam hati.

"Dimana anakku, sungai? Tenggelam? Di ujung sana menanti kedinginan kah? Sudah menepi? Terduduk di rumah seseorang sambil pengobatan cedera kah? Sungai, tolong beri tahu."

Pria topi bundar itu runtuh. Setiap hari, jutaan ayah, jutaan orang, jutaan anak, juga khawatir dan ikut berdoa diam-diam untuk mereka. Barangkali kalau boleh ikut terjun ke sana, akan ada banyak ayah yang siap ikut terjun membantu.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Keluarga Sudah Ikhlas dengan Segala Takdir dari Eril, Bahkan Sudah Konsultasi ke Ulama

Hai sungai yang dingin, tak cukup hangatkah doa yang kami kirim? Yang tiap buka gawai, entah bagaimana secara insting terus mencari berita Eril, Eril, Eril.

JS Khairen mengatakan bahwa, dirinya menjadi salah satu orang yang secara tulus mendoakan agar Eril segera ditemukan, meski ia tidak pernah mengenal Eril.

"Gak kenal Eril, gak terlalu sering ngikutin Kang Emil. Namun beberapa hari belakangan, ada banyak orang yang secara tulus berdoa agar ia segera ditemukan. Tidak cukup hangatkah itu, wahai sungai?," kata JS Khairen dalam tulisannya.

Kata JS Khairen, ia sangat berduka dengan adanya musibah yang menimpa sang penyiar kebahagian, yakni Ridwan Kamil.

Baca Juga: Tak Mau Ramal Nasib Anak Ridwan Kamil, Mbah Mijan Pilih Berikan Support Doa dan Ajak Mengaji Surat Yunus

"Broadcaster of daily happines, begitu tulisan di bio IG si pria topi bundar. Kurang lebih maknanya adalah, sang penyiar kebahagiaan. Namun, beberapa hari ini ia tengah bersedih. Melihatnya bersedih, kita ikut-ikutan remuk," ucapnya.

JS Khairen melanjutkan puisinya seolah berbisik agar sang sungai segera memberitahu keberadaan Emmeril Kahn.

Sungai, jika tangis diam-diam seorang ayah adalah tangis paling menakutkan, maka cukupkah tangis dan doa kami, supaya kau menghangat dan mereda? Tolong beritahu ia di mana. Salam, J.S. Khairen, seorang ayah.

Tulisan JS Khairen itu pun menjadi sorotan dan viral, khususnya untuk masyarakat yang menunggu kabar terbaru dari pencarian Eril.

Baca Juga: Asisten Pribadi Eril Cerita Gelagat Tak Biasa Anak Ridwan Kamil Sebelum Hilang di Sungai Aare

"Terimakasih bang, tulisan ini mewakilkan jutaan bapak2 yg tidak mampu berkata-kata seperti bang js khairen, semoga eril segera ada kabar," tulis @is***.

Ada juga komentar yang mengatakan bahwa, dia terharu atas tulisan dari JS Khairen.

"Ya Allah, nangis bombay baca ini. Tulisan yg sangat mengena di hati dan membangkitkan memori akan almarhum ayah. Semoga a eril segera ditemukan. Aamiin," tulis
 @sux*_*****.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @js_khairen


Tags

Terkait

Terkini

x