Bandara Banyuwangi Masuk 20 Besar Arsitektur Terbaik Dunia Ajang AKAA 2022, Ipuk Fiestiandani: Kebanggaan

- 8 Juni 2022, 10:14 WIB
Bandara Banyuwangi sebagai bandara hijau pertama di Indonesia masuk 20 besar arsitektur terbaik dunia pada ajang AKAA tahun 2022.
Bandara Banyuwangi sebagai bandara hijau pertama di Indonesia masuk 20 besar arsitektur terbaik dunia pada ajang AKAA tahun 2022. /Instagram/@yukbanyuwangi/

KABAR BESUKI – Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, masuk 20 besar bangunan dengan arsitektur terbaik pada ajang AKAA (Aga Khan Awards For Architecture) tahun 2022.

Kabar tersebut dirilis langsung oleh laman resmi AKAA dengan membagikan nama 20 nominator yang berhasil mengadakan 463 proyek arsitektur lainnya dari berbagai belahan dunia, termasuk Banyuwangi.

Bandara hijau di Banyuwangi yang berada di Kecamatan Blimbingsari ini turut bersaing dengan 20 karya arsitektur lain dari 16 negara.

“Sebuah kebanggaan bandara Banyuwangi masuk ke kompetisi arsitektur kelas dunia seperti AKAA, bahkan bersanding dengan puluhan karya arsitektur lain dari berbagai negara,” kata Ipuk Fiestiandani selaku Bupati Banyuwangi sebagaimana dikutip Kabar Besuki Rabu, 8 Juni 2022 dari ANTARA.

Baca Juga: Bandara Banyuwangi Masuk Jajaran 20 Karya Arsitektur Terbaik di Dunia Versi AKAA 2022

AKAA adalah penghargaan tertua di bidang arsitektur yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali.

Karya yang termasuk ke dalam nominasi tidak hanya menampilkan keunggulan arsitektur, tetapi juga aspirasi budaya, mendukung konservasi, dan peningkatan kualitas lingkungan.

Penghargaan ini memberikan apresiasi kepada klien, perajin ahli, dan semua pihak berperan penting dalam realisasi proyek, jadi tidak hanya apresiasi untuk arsitek.

Selain Bandara Banyuwangi sebagai perwakilan Indonesia, ada 20 karya arsitektur dari negara lain, seperti  Wafra Wind Tower dari Kuwait, Tulkarm Courthouse dari Palestina, Flying Saucer Rehabilitation dari Uni Emirat Arab, dan Le Jardin d'Afrique dari Tunisia.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

x