Cara dan Tips Merawat Ikan Cupang untuk Hidup Lebih Lama

- 13 September 2020, 19:18 WIB
Ilustrasi ikan cupang
Ilustrasi ikan cupang /

KABAR BESUKI - Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang sangat populer. Ikan cupang dapat dirawat dengan mudah, dan dalam keadaan yang tepat, dapat hidup hingga beberapa tahun.

Jika dengan perawatan yang tepat, ikan cupang liar dapat hidup rata-rata selama dua tahun bahkan bisa empat tahun lebih. Berikut cara merawat ikan cupang agar bertahan hidup lebih lama.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan Hias Cantik Murah dan Mudah Dipelihara

1. Pilih ikan yang sehat

Pilihlah ikan cupang yang sehat saat ingin membeli dengan ciri-ciri dibawah ini:

  • Ikan sehat lebih aktif dibandingkan ikan yang kurang sehat.
  • Cari tanda-tanda cacat fisik.
  • Cari adanya kerusakan warna yang dapat menunjukkan penyakit.

2. Periksa tempat ikan cupang

Perhatikan tempat ikan cupang, apakah air kotor atau tidak. Amati untuk melihat apakah terdapat terlalu banyak makanan, menunjukkan bahwa ikan terlalu banyak diberi makan, atau tidak makan. Hal ini dapat merupakan tanda-tanda perawatan yang buruk, memungkinkan memperpendek umur ikan.

3. Jangan campurkan sesama ikan cupang atau yang lainnya

Meskipun mungkin untuk memelihara ikan cupang dalam akuarium bersama ikan cupang lainnya, setiap ikan memiliki sedikit kepribadian yang berbeda. Untuk memastikan tidak ada ikan yang terluka, peliharalah ikan cupang dalam akuarium tunggal, dan jangan membeli ikan lain bersama ikan tersebut. Karena sifat ikan ini adalah ikan hias petarung. Jadi tidak bisa disatukan dalam satu tempat atau wadah.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

x