7 Jenis Ikan Koi Termahal Mulai dari Jutaan Hingga Miliyaran Rupiah

- 9 Oktober 2020, 09:12 WIB
Koi Sanke
Koi Sanke /

KABAR BESUKI - Ikan koi secara spesifik berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Ikan koi merupakan ikan hias yang sangat populer di dunia maupun di Indonesia. Jenis ikan koi banyak ragamnya dan memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak disukai oleh pencinta ikan hias. Harga ikan koi bisa sangat tinggi bila dijual.

Di negara Jepang, ikan ini juga menjadi simbol cinta dan persahabatan. Dari banyak sumber dan literatur, ikan koi diyakini berasal dari Persia dan Asia Barat, yang kemudian ikan tersebut masuk ke China dan Korea melalui transaksi perdagangan atau kemungkinan bersama aliran air alami pada sekitar 1.000 tahun yang lalu.

Di Indonesia, ikan koi telah menjadi salah satu primadona. Perkembangan ikan koi di Indonesia diawali sekitar tahun 1981-1982 yang kala itu didatangkan oleh Dragon Feng dan Hani Moniaga, langsung dari Jepang. Sejak saat itu, Koi mulai dipelihara dan makin populer di Indonesia. Berikut jenis ikan koi.

Baca Juga: Biar Cupang Tak Bertengkar, Ini Cara Pilih Ikan yang Bisa Menemani Ikan Cupang Dalam Satu Aquarium

1. Koi Sanke

Ikan koi yang satu ini memiliki ciri khas warna hitam yang lebih dominan, dan warna merah serta putih sebagai variasinya. Pola corak yang abstrak menjadi nilai lebih dari jenis ikan koi ini. Harga jenis ikan koi termahal ini berkisar Rp20 juta per ekor.

2. Koi Black Dragon

Black dragon adalah jenis ikan koi yang langka dan sangat jarang ditemukan di dunia. Selain langka, keunggulan dari jenis ikan koi black dragon adalah tubuhnya yang sempurna tanpa cacat. Ditambah corak warnanya yang unik membuat ikan koi ini menjadi yang terbaik. Dalam suatu momen di Jepang saat Momotaro farm mengadakan lelang jenis ikan koi ini pernah dihargai hingga Rp2,9 miliar.

3. Koi Blue Showa

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah