PSBB Jawa-Bali Berpotensi Bikin Rupiah Lemah dan Menekan Ekonomi Indonesia

- 7 Januari 2021, 10:35 WIB
Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah /Pixabay/Emaji

KABAR BESUKI - Pandemi virus corona atau Covid-19 makin meluas.

Sehingga, Pemerintah mengambil kebijakan dengan melakukan Pembatasan Sosial Bersekala Brsar (PSBB) di Jawa- Bali agar menekan penularan Covid-19.

Adanya hal ini sangat berpengaruh pada nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis berpotensi melemah.

Posisi penutupan hari sebelumnya senilai Rp13.895 per dolar AS. Saat ini, pikul 09.36 WIB melemah 25 poin atau 0,18 persen ke posisi Rp13.920.

Baca Juga: Jawa-Bali PSBB, Perhatikan Daftar Batasannya Termasuk Kapasitas Ibadah dan Ini

"Dari eksternal, Partai Demokrat yang hampir dipastikan menguasai senat bakal memberi tekanan ke dolar AS karena prospek stimulus AS yang lebih besar bisa digulirkan dengan mudah oleh Pemerintah Biden," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis.

Dilansir dari ANTARA, Partai Demokrat semakin mengungguli kubu Republik  yang akan memberi mereka kendali atas Kongres dan kekuatan untuk memajukan tujuan kebijakan Presiden terpilih Joe Biden.

Diketahui sebelumnya, Partai Demokrat memenangkan satu perlombaan Senat AS di Gergia dan memimpin dalam perlombaan lainnya pada Rabu, 6 Januari 2021.

Baca Juga: Jangan Banyak Bicara, Haram! Ini 3 Perkara Makruh yang Harus di Waspadai

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x