Ini Solusi Rocky Gerung Agar BUMN Tak Bangkrut: Percepat Pemilu, Supaya Erick Thohir atau Ganjar Jadi Presiden

- 21 Oktober 2021, 08:05 WIB
Ini Solusi Rocky Gerung Agar BUMN Tak Bangkrut: Percepat Pemilu, Supaya Erick Thohir atau Ganjar Jadi Presiden
Ini Solusi Rocky Gerung Agar BUMN Tak Bangkrut: Percepat Pemilu, Supaya Erick Thohir atau Ganjar Jadi Presiden /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menawarkan sebuah solusi agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak menjadi bangkrut.

Rocky Gerung mengatakan bahwa BUMN memiliki dua aspek utama yang tak dapat dipisahkan.

Akan tetapi, dia menilai bahwa tugas utama BUMN adalah mengelola modal (kapital) yang mereka miliki untuk kepentingan rakyat banyak.

"Kalau kita ngomong tentang BUMN ada dua aspek di situ, satu aspek korporasinya yaitu soal efisiensi, macem-macem tuh prioritas, tapi bukan itu yang penting karena itu juga berlaku pada korporasi biasa. BUMN itu ada aspek konstitusinya, yaitu mengumpankan kapital untuk bisa dinikmati oleh rakyat banyak," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Rocky Gerung Ungkap BUMN Sedang Sakit: Erick Thohir Sudah Tidak Peduli Mau Bangkrut atau Tidak

Rocky Gerung menilai, BUMN perlu berkompetisi secara sehat dengan swasta apabila memang memiliki target untuk memperoleh keuntungan atau laba sebanyak mungkin.

Akan tetapi, belakangan ini banyak perusahaan swasta yang justru 'mengemis' pada BUMN sehingga kompetisi yang sehat nyaris tak terjadi.

"Jadi kalau kita hanya berupaya untuk mencari untung, pastikan BUMN berkompetisi dengan swasta. Yang terjadi sekarang, swasta itu ngemis pada BUMN, gak bisa kompetisi tuh," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Dinilai Gagal Atasi Persoalan Harga Komoditas Jagung, Rocky Gerung: Masak Nunggu Rapat BUMN Dulu?

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x