Banyak Orang Anggap Harta Sebagai Cermin Keberhasilan, Rhenald Kasali: Alat Marketing, Itu Penjerat

- 18 Maret 2022, 18:48 WIB
Banyak Orang Anggap Harta Sebagai Cermin Keberhasilan, Rhenald Kasali: Alat Marketing, Itu Penjerat.
Banyak Orang Anggap Harta Sebagai Cermin Keberhasilan, Rhenald Kasali: Alat Marketing, Itu Penjerat. /Tangkap Layar YouTube.com/Rhenald Kasali

KABAR BESUKI - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali meluruskan persepsi banyak orang yang menganggap harta sebagai cermin keberhasilan orang yang bersangkutan.

Rhenald Kasali menilai anggapan orang yang menyebut harta sebagai cermin keberhasilan justru merupakan alat marketing dan penjerat.

Rhenald Kasali menegaskan bahwa harta yang selama ini dianggap sebagai cermin keberhasilan justru merupakan penjerat bagi pemiliknya untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain.

"Seringkali harta dianggap cerminan dari keberhasilan, kemudian menjadi alat marketing. Itu menjadi penjerat untuk mendapatkan orang lain," kata Rhenald kasali sebagaimana dikutip Kabar Besuki dalam siaran langsung yang ditayangkan oleh akun Instagram @pikiranrakyat pada Jumat, 18 Maret 2022.

Baca Juga: Rhenald Kasali Ingatkan Anak Muda di Tengah Fenomena Crazy Rich: Kaya Boleh, yang Tidak Boleh Memaksakan Diri

Rhenald Kasali juga memberikan nasihat bagi siapapun yang tertarik untuk menanamkan modalnya pada sebuah instrumen investasi.

Menurutnya, investasi tak cukup hanya bermodalkan niat, namun diperlukan perhitungan yang benar-benar matang.

"Kalau kita ingin melakukan sesuatu (investasi), nggak cukup itu (niat). Kita harus melihat apa bisa menguntungkan, benar, jangan langsung percaya," ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga menyarankan agar masyarakat tidak hanya menaruh uang atau asetnya di satu tempat atau bank, karena sangat berisiko tinggi.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: Instagram @pikiranrakyat


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x