Waspada! Memasuki Musim Hujan, Berikut Daftar Kecamatan di Banyuwangi Rawan Bencana Alam

- 25 November 2020, 19:58 WIB
Eka Muharam, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi.
Eka Muharam, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi. /kabarbesuki.com

KABAR BESUKI -Memasuki musim penghujan,sering tejadi bencana alam seperti tanah longsor, banjir, hingga angin puting beliung yang sewaktu-waktu bisa datang kapan saja.

Guna mengantisipasi bencana di musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, telah memetakan daerah rawan bencana alam di Kabupaten Banyuwangi.

BPBD Banyuwangi terus berupaya mengantisipasi datangnya bencana dengan melaksanakan program pencegahan dan kesiapsiagaan dalam rangka upaya dini pengurangan risiko bencana.

Baca Juga: Berencana Pensiun dari Industri Musik Indonesia, Maia Estianty: Sudah Terlalu Sering, Sudah Capek

"Antara lain mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dengan membentuk Desa Tangguh Bencana di Kawasan Rawan Bencana," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharam, Rabu (25/11/2020).

Selain itu pihaknya juga melakukan pemantauan kejadian bencana agar BPBD bisa memberikan respon cepat dan tanggap dalam setiap penanganan kejadian bencana.

Eka menyampaikan, apabila ada potensi ancaman bencana menghadapi musim hujan yang biasanya terjadi seperti peristiwa banjir, tanah longsor dan angin kencang, BPBD melakukan upaya peningkatan kesiapsiagaan, mitigasi dan menyebarluaskan peringatan dini.

Baca Juga: Jawaban Bupati Banyuwangi Atas PU Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Diajukannya RAPBD Tahun 2021

"Upaya ini melibatkan pihak yang berkepentingan baik dengan perangkat daerah terkait, instansi yang memiliki kewenangan dalam penanggulangan bencana, TNI, Polri serta masyarakat," jelas Eka.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x