Cegah Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, KAI Daop 9 Lakukan Sosialisasi Keselamatan

- 27 November 2020, 16:50 WIB
Sosialisasi oleh PT KAI Daop 9
Sosialisasi oleh PT KAI Daop 9 /PT KAI

KABAR BESUKI - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, terus lakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang kereta api di wilayah Daop 9 Jember, mulai dari Pasuruan hingga Banyuwangi intens.

“Sosialisasi keselamatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mentaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang. Sehingga harapannya angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan,” ujar Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha.

Dalam kegiatan ini, KAI Daop 9 melakukan sosialisasinya di daerah Jember, tepatnya di JPL 17, kecamatan Giri, Banyuwangi, dimana arus lalulintas kawasan ini terbilang cukup ramai. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan membentangkan spanduk dan membagikan pamflet yang berisi peraturan dan tata cara berkendara saat melewati perlintasan sebidang, beserta peraturan-peraturan yang mengatur.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Melakukan Tayammum yang Benar? dan Bagaimana Niatnya?

Sebagai informasi, Perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api. Hal tersebut juga menjadikan perlintasan sebidang sebagai salah satu titik rawan kecelakaan.

Baca Juga: Sinopsis 'Oblivion' Tayang 27 November 2020 Pukul 21.00 WIB di Global TV

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengguna jalan diwajibkan mendahulukan perjalanan KA pada perpotongan sebidang antara jalur KA & jalan, sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124.

Baca Juga: Sinopsis 'The Divergent Series: insurgent' Tayang 27 November 2020, Pukul 21.30 WIB Bioskop Trans TV

Agus Barkah mengatakan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang ini akan terus berkesinambungan. Ia juga berpesan kepada masyarakat pengguna jalan agar selalu disiplin dan mengutamakan keselamatan. Selama 2020, di Daop 9 tercatat 13 kejadian KA tertemper kendaraan, baik roda dua, hingga truk. Selain itu, kejadian tersebut juga mengakibatkan masinis terluka.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: PT KAI


Tags

Terkini