Wajib Tahu! Inilah Beberapa Pertimbangan Stasiun TV Dalam Membeli Hak Siar Sepakbola

- 13 Desember 2020, 22:25 WIB
Kameramen Sepakbola
Kameramen Sepakbola /FIFA/FIFA.COM

KABAR BESUKI – Mungkin di antara kalian yang sering menyaksikan siaran langsung sepakbola melalui televisi, khususnya yang disiarkan oleh stasiun TV terestrial (free to air), terkadang pernah mengeluhkan atau merasa puas terhadap kinerja pemegang hak siar sebuah kompetisi atau turnamen sepakbola.

Mulai dari cara mereka mengatur rundown siaran, memilih presenter dan komentator, maupun hal-hal lain yang terjadi selama jadwal siaran berlangsung.

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan yang disajikan oleh saluran TV ketika menayangkan siaran langsung pertandingan sepakbola, sesungguhnya terdapat sebuah proses yang terbilang rumit sebelum hak siar pertandingan diperoleh hingga dapat ditayangkan kepada pemirsa di wilayah tertentu berdasarkan kontrak yang telah disepakati.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG, Link Live Streaming Crystal Pallace vs Tottenham Siaran Langsung Gratis di NET

Berikut ini sejumlah pertimbangan dari stasiun televisi ataupun sebuah perusahaan (media maupun non-media) mengambil hak siar pertandingan sepakbola, yang akan dijelaskan berikut ini:

Baca Juga: Smartphone Terbaru iPhone 12 dan 12 Pro Segera Meluncur di iBox Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Perjanjian dengan Sponsor Sebelum Proses Lelang

Umumnya dalam proses lelang (bidding) hak siar event olahraga manapun, penyelenggara atau pemberi lisensi akan memilih calon pembeli yang menjadi penawar dengan harga tertinggi.

Hanya saja, tidak semua stasiun televisi ataupun grup usaha media memiliki keuangan internal yang memadai untuk membeli hak siarnya sehingga jalan terbaik adalah membangun kesepakatan dengan pihak sponsor agar setidaknya stasiun televisi tidak merugi dalam jumlah yang sangat besar, bahkan berpotensi mengklaim keuntungan sebelum pertandingan berlangsung.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: FIFA


Tags

Terkini

x