Dukung Vaksinasi Covid-19 Nasional, Pemkab Banyuwangi Siap Realokasi APBD

- 18 Desember 2020, 16:09 WIB
Bupati Anas tinjau kesiapan petugas kesehatan
Bupati Anas tinjau kesiapan petugas kesehatan /BanyuwangiKab.go.id

KABAR BESUKI - Menyikapi arahan Presiden Joko Widodo terkait kebijakan vaksinasi Covid-19 gratis bagi seluruh warga Indonesia, Pemkab Banyuwangi langsung merespons positif.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan siap mengalokasikan anggaran dalam APBD 2021 untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19. Alokasi APBD bakal menjadi pendukung bagi dana dari APBN.

Hal itu diungkapkan Bupati Anas saat meninjau simulasi pelaksanaan vaksin covid-19 di Puskesmas Sempu dan Puskesmas Tegalsari, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Pemprov Jatim Terima 50.250 Rapid Test Antigen dari BNPB, Upaya Testing Covid-19 Dipercepat

“Kami siap melakukan refocusing anggaran terkait pelaksanaan vaksinasi. Mulai dari instrumen pendukungnya, atau bila memang diinstruksikan pusat untuk pengadaan vaksin. Sehingga masyarakat Banyuwangi bisa mendapatkan layanan vaksin Covid-19,” kata Anas.

Meski demikian, Anas menyatakan belum mengetahui seberapa besar realokasi akan dilakukan, karena hingga saat ini pemerintah daerah masih menunggu ketentuan teknis dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Pemprov Jatim Terima 50.250 Rapid Test Antigen dari BNPB, Upaya Testing Covid-19 Dipercepat

“Prinsipnya daerah tentu siap melakukan realokasi APBD untuk mendukung program vaksinasi tersebut. Saat ini kami menunggu arahan lebih detil dari pemerintah pusat,” imbuh Anas.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melalui akun You Tube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020), telah mengumumkan bahwa pelaksanaan vaksinasi corona untuk seluruh masyarakat adalah gratis alias tidak dipungut biaya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x