Awas Jangan Sentuh Telapak Kakinya! Bisa-bisa Buat Kucing Cendera Bahkan Hilang Fungsinya

- 25 Desember 2020, 21:48 WIB
Paw kucing
Paw kucing /Pixabay/ Counsellin

KABAR BESUKI - Terkadang kita merasa gemas dengan telapak tangan kucing, sehingga kerap sekali memegangnya. Namun, tanpa disadari hal yang Anda lakukan tersebut bisa melukai kucing lho!

Telapak tangan (paw) sangat sensitif terhadap sentuhan sehingga Anda bisa membuat kucing cedera. Bahkan, paw bisa berhenti berfungsi jika kamu terus menyentuhnya.

Telapak kaki yang terlihat lunak ini ternyata sangat sensitif terutama pada sentuhan. Paw sendiri berfungsi sebagai reseptor yang menjadikan kucing mampu merasakan getaran, tekstur permukaan, tekanan, dan gerakan di sekitarnya.

Baca Juga: Perabotan Rumah Rusak Akibat Cakar Kucing? Lakukan Ini Agar Kucing Berhenti Mencakar

Ini berfungsi bagi kucing untuk mengetahui apakah ada mangsa atau ancaman di sekitarnya. Paw juga berfungsi meredam suara kaki saat kucing melangkah sehingga tidak mudah diketahui musuhnya dan memberi kucing perasaan aman.

Salah satu alasan kucing mahir memanjat pohon adalah kaki depan mereka. Bagian depan Paw kucing bisa menekuk ke dalam sehingga cakar mereka efektif manancap pada pohon.  

Paw  juga membantu menjaga stabilitas saat memanjat, namun sayangnya saat turun cakar mereka menghadap ke bawah dimana kaki depan cenderung lebih lemah dibanding kaki belakang untuk menahan tubuh.

Kucing membersihkan diri dengan menggunakan paw  sebagai alat untuk menjangkau bagian tubuh yang sulit. Seperti belakang telinga, bawah dagu, leher dan wajah. Kucing awalnya akan menjilati paw  mereka beberapa kali, lalu menyeka bagian-bagian tersebut.

Baca Juga: Bahaya! Hindari Beri Makanan Ini Pada Kucing, Bisa-bisa Alami Gangguan Fungsi Jantung

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah