Ingin Aquascape Tampak Indah? Ini 3 Lumut Paling Cantik dan Populer Cocok Jadi Pelengkap

- 1 Januari 2021, 20:23 WIB
Ilustrasi Lumut
Ilustrasi Lumut /Pexels/ Martinus

KABAR BESUKI - Aquascape merupakan seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik, berbentuk kotak kaca mau pun bentuk lainnya yang serupa akuarium.

Aquascape juga tak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian.

Aquascape juga digolongkan pada jenis hobi, memelihara ekosistem air tawar pada media akuarium. Memelihara ekosistem air tawar pada akuarium dikenal dengan istilah aquascape sedangkan ekosistem air laut disebut oceanirum. 

Moss atau lumut merupakan salah satu elemen paling penting dalam membuat Aquascape. Sebab, hal ini yang bisa membuah Aquascape tampak lebih indah dan cantik. 

Baca Juga: Jadi Petarung Hebat, Ini Cara Sukses Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Juara

Berbagai macam jenis moss atau lumut tersebut, namun ada 3 jenis yang paling cantik dan populer untuk Aquascape.

1. Java Moss (Taxiphyllum barbieri)

Java Moss atau Taxiphyllum barbieri, merupakan salah satu jenis lumut yang paling produktif. Banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, yaitu Vietnam dan Jepang. Vegetasi lumut Java Moss terdapat di sungai dan rawa-rawa, biasanya menempel pada batu dan kayu apung.

Moss ini akan dengan senang hati tumbuh di akuarium dengan tingkat pencahayaan yang tinggi untuk akuarium sampai akuarium dengan cahaya kurang. Maka dari itu jenis ini sangat disukai para pecinta Aquascape.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: HewanPedia


Tags

Terkini

x