Menanti Vaksin Datang, Puskesmas se Banyuwangi Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19 Secara Serentak

- 13 Januari 2021, 20:28 WIB
Simulasi vaksinasi covid-19 di Banyuwangi
Simulasi vaksinasi covid-19 di Banyuwangi /KabarBesuki.com

 

KABAR BESUKI - Persiapan vaksinasi covid-19 di Banyuwangi terus dipermatang. Agar proses vaksinasi nantinya berjalan lancar, seluruh Puskesmas di Kabupaten Banyuwangi menggelar simulasi vaksinasi Covid-19 secara serentak.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, simulasi ini dilakukan puskesmas dengan cara mendokumentasikan dalam bentuk audio visual yang kemudian dikirim ke Dinkes setempat.

"Semuanya sudah mengirim video simulasi, tujuannya adalah puskesmas benar-benar memahami, mengetahui tentang SOP (standar operasional prosedur dari vaksinasi ini," kata Rio sapaan akrabnya, Rabu 13 Januari 2020.

Baca Juga: Hasil Akhir Yonex Thailand Open Super 1000 Hari Kedua, 4 Wakil Indonesia Lolos ke 16

Rio menyebut, adapun dalam simulasi yang dilakukan terdapat tahapan-tahapan, mulai dari alur pelayanan hingga tata cara pemberian vaksin kepada pasien.

"Jadi orang yang akan divaksinasi pertama harus diapakan, diperiksa apa, dan sebagainya," jelasnya.

Baca Juga: Hati-hati! 4 Zodiak Ini Berpotensi Bisa Dimanfaatkan Orang Lain di Tahun 2021

Katanya, simulasi ini merupakan serangkaian kegiatan persiapan untuk program vaksinasi. Pihaknya juga tengah mempersiapkan tenaga vaksinator yang nantinya dibutuhkan untuk memperlancar proses vaksinasi.

"Sambil menunggu vaksin tiba di Banyuwangi, kita siapkan segala keperluannya, termasuk simulasi ini. Sementara untuk pelaksanaan vaksinasinya sendiri Insyallah di akhir Januari atau di awal Februari," ucap Rio.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah