SBMPTN 2021 Sudah Dekat, Jangan Lupa Catat Tanggal Pelaksanannya Berikut!

- 3 Februari 2021, 15:29 WIB
Ilustrasi Universitas
Ilustrasi Universitas /Pexels/ Pixabay

KABAR BESUKI - SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan tes yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru universitas untuk calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar.

SBMPTN diikuti oleh ratusan ribu peserta dari seluruh wilayah di Indonesia yang akan mendaftar ke universitas-universitas negeri yang ada di berbagai wilayah.

Tes yang dilaksanakan yaitu tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) di 74 kampus sebagai tempat pelaksanaan.

Baca Juga: 5 Negara Maju di Dunia yang Tidak Percaya Tuhan, Ternyata Ini Alasannya!

Materi tes yang diujikan adalah TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kemampuan Akademik. TKA terbagi menjadi dua yaitu TKA Soshum dan TKA Saintek.

Untuk TKA disesuaikan dengan jurusan yang ditempuh saat SMA. TKA Soshum untuk siswa jurusan IPS dan TKA Saintek untuk siswa jurusan IPA.

Setiap peserta tes hanya diberikan satu kali kesempatan mengikuti tes. Sebelum mengikuti tes, peserta diwajibkan mendaftarkan diri dan membuat akun di website resmi dari LTMPT, dan memilih tempat tes yang akan diikuti.

Pendaftaran SBMPTN pada tahun ini akan dilaksanakan tanggal 15 Maret - 1 April 2021. Berikut tanggal serta rinciannya:

Baca Juga: TES OTAK: Gambar Apa yang Pertama Kali Anda Lihat? Cek Jawaban Ini Bisa Menguak Kepribadian

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: LTMPT


Tags

Terkini

x