Hari Ini Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara Akibat Semburan Abu Vulkanik Gunung Raung

- 7 Februari 2021, 16:31 WIB
Penerbangan di Bandara Banyuwangi
Penerbangan di Bandara Banyuwangi /kabarbesuki.com

KABAR BESUKI - Semburan abu vulkanik Gunung Raung yang mulai menyebar ke Kabupaten Banyuwangi mengakibatkan Bandara Internasional Banyuwangi ditutup sementara lantaran beresiko bagi penerbangan dari dan ke Banyuwangi.

“Kami menerima notice to airmen (notam) dari Airnav Indonesia untuk penutupan Bandara Banyuwangi hari ini per pukul 08.50 hingga 14.50 hari ini,” ucap Cin Asmoro, Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi, Minggu 7 Januari 2021.

Dia menjelaskan bahwa sebelumnya berdasarkan hasil observasi abu vulkanik Gunung Raung telah mencapai Bandara Banyuwangi.

Baca Juga: Awas Hangus, Cara Mengaktifkan Paket Masa Aktif Pada Kartu Perdana Telkomsel, XL, dan Indosat

“Data dari BMKG menunjukkan kalau arah semburan abunya mengarah ke timur artinya ke daerah bandara, didukung paper test yang hasilnya positif juga. Jadi kami laporkan ini otoritas bandara wilayah 3 Surabaya. Diambil keputusan bandara kita tutup mulai sekitar pukul 8.30 tadi,” katanya.

Cin mengungkapkan bahwa pagi tadi Bandara Banyuwangi masih beroperasi. Bandara masih melayani penerbangan pesawat komersil Citilink dari Surabaya, dan lanjut ke Denpasar. Juga ada Citilink rute Jakarta – Banyuwangi.

“Pagi tadi jadwal penerbangan masih normal. Dari Surabaya ada Citilink yang lanjut ke Ngurah Rai. Namun, setelahnya itu yang terganggu. Citilink rute Jakarta yang jadwal berangkat dari Banyuwangi pukul 08.10 hari ini delay, menunggu perkembangan kondisi sebaran abu,” ucap Cin.

Baca Juga: Sepi Penonton di Stadion, Super Bowl ke-55 Akan Tetap Dilaksanakan

Sekedar diketahui, pada hari Minggu ini, Bandara Banyuwangi melayani lima rute penerbangan. Yakni Citilink dari Surabaya menuju Denpasar (PP). Lalu ada tiga penerbangan lagi rute Jakarta Bandara Soekarno Hatta (CGK) – Banyuwangi (BWX) – pp yang dilayani oleh tiga maskapai, yakni Citilink, Garuda Indonesia, dan Batik Air.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x