Mengapa Kucing Memiliki Lidah yang Kasar? Inilah Alasannya!

- 7 Februari 2021, 21:31 WIB
Ilustrasi corak kucing yang mirip seperti harimau.
Ilustrasi corak kucing yang mirip seperti harimau. /pixabay.com/Silberfuchs

KABAR BESUKI - Jika Anda memiliki kucing di rumah, Anda mungkin cukup beruntung mendapatkan jilatan kecil sebagai ucapan "terima kasih" atas sesuatu yang Anda lakukan.

Tapi ini jarang terjadi, karena biasanya, anjinglah yang menunjukkan perilaku seperti ini, dan kami terbiasa dengan “ciuman” mereka yang lembab dan lembut. Di sisi lain, ciuman kucing Anda biasanya terasa kasar, hampir seperti lidahnya yang terbuat dari amplas.

Nah, ternyata, lidah kucing menyembunyikan rahasia khusus yang membuatnya sangat istimewa, menjelaskan kekasarannya.

Baca Juga: 7 Bentuk Kotoran Manusia Bisa Pengaruhi Kesehatan, Cek Kenali Pup Anda Sekarang!

Dikutip dari Bright Side mulai melakukan penelitian tentang mengapa hal itu terjadi, dan apa yang kami temukan hanya mengkonfirmasi fakta bahwa kucing itu luar biasa dan bahwa kita semua harus memiliki setidaknya satu di rumah.

Lidah kucing kasar karena pengecapnya terbuat dari keratin

Kita semua tahu bahwa kucing suka merawat dirinya sendiri. Dan sulit untuk mengatakan apakah mereka lebih suka melakukan itu daripada tidur jadi anggap saja impas. Namun, untuk merawat diri mereka sendiri, mereka menggunakan lidah mereka yang kasar dan berpasir.

Jika Anda melihat lebih dekat pada hal-hal ini, Anda akan segera melihat bahwa mereka memiliki beberapa jenis bulu, tetapi “bulu” ini lebih kompleks daripada yang terlihat. Kadang-kadang disebut pengecap filiform, dan tidak seperti milik kita, mereka terbuat dari keratin.

Keratin adalah bahan yang juga kita tanam secara alami di dalam tubuh kita. Sebenarnya, dari sanalah kuku kita dibuat. Sama seperti kuku kita, pengecap kucing juga fleksibel dan kencang. Mereka juga berbentuk seperti kait atau duri. Itu sebabnya saat kucing menjilati tangan Anda, rasanya kasar.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Bright Side


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x