Hari Pers Nasional 2021, Gubernur Khofifah: Mereka Perlu Mengkaji Ulang Dirinya Sendiri

- 10 Februari 2021, 12:22 WIB
 instagram resmi @khofifah.ip
instagram resmi @khofifah.ip /

KABAR BESUKI - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengimbau pers Indonesia untuk bisa menyajikan informasi secara berimbang kuantitas dan kualitas.

Dilansir kabar besuki dari laman ANTARA NEWS, pesan ini disampaikan oleh Khofifah dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

“Pers perlu mengkaji ulang dirinya sendiri karena tantangan saat ini jauh lebih berat dengan kemunculan media sosial, oleh karena itu arus informasi begitu kuat dan tiada henti.” Tutur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Hari Selasa.

Menurutnya, terdapat aliran perbedaan yang kontras antara pers dan media sosial, terutama dari segi kualitas penyajian informasi.

Baca Juga: RATING REPORT 9 Februari 2021: Ikatan Cinta Terpantau Stabil, PUPA Tembus Rekor Share 20 Persen!

Saat ini, kata dia, masyarakat tidak hanya terobsesi dengan informasi yang disajikan media massa, tetapi juga informasi yang disebarluaskan melalui media sosial seperti Facebook, WhatsApp, YouTube dan Instagram.

"Mereka seringkali hanya sebatas membaca headline atau paragraf pertama. Faktanya, banyak informasi yang disajikan dalam bentuk hoax dan ujaran kebencian yang mempengaruhi mind of mind masyarakat,” kata Khofifah.

Perlu  diakui secara jujur bahwa budaya literasi di masyarakat masih lemah. Di sinilah tugas utama pers, yakni memberantas informasi palsu yang beredar di masyarakat.

Meski demikian, diakuinya tidak semua orang mempercayai berita dari media sosial karena masih ada pihak yang berkomitmen untuk meneliti dan mengklarifikasi melalui produk pers.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x