Mitos Kucing Penyebar Toksoplasma Sepenuhnya Tidak Benar? Ini Penjelasannya!

- 10 Februari 2021, 13:04 WIB
Ilustrasi kucing.
Ilustrasi kucing. /Pixabay/luxtorm/

KABAR BESUKI - Pasti banyak dari Anda sudah seringkali mendengar mitos memelihara kucing bisa menyebabkan perempuan sulit memiliki keturunan.

Namun, tahukah Anda ternyata mitos itu tidak benar.

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal yang disebut Toxoplasma gondii.

Baca Juga: Pencapaian Luar Biasa, BLACKPINK Raih Milestone Youtube dengan Lagunya yang Berjudul 'Kill This Love'

Sementara parasit ditemukan di seluruh dunia, lebih dari 40 juta orang di Amerika Serikat mungkin terinfeksi parasit Toxoplasma.

Dilansir Kabar Besuki dari laman cdc.gov, parasit Toxoplasma dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama di dalam tubuh manusia (dan hewan lain), bahkan mungkin seumur hidup.

Namun, dari mereka yang terinfeksi, sangat sedikit yang mengalami gejala karena sistem kekebalan orang yang sehat biasanya mencegah parasit menyebabkan penyakit.

Wanita hamil dan individu yang sistem kekebalannya terganggu inilah yang harus berhati-hati, Bagi mereka, infeksi Toxoplasma dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Pada kucing, toksoplasmosis kronis lebih parah pada anak kucing yang terinfeksi transplasenta yang sering mengembangkan hepatitis atau kolangiohepatitis, pneumonia, dan ensefalitis dan menunjukkan tanda-tanda asites, lesu, dan dispnea.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: cdc.gov


Tags

Terkini

x