KAI Daop 9 Jember Tambah 1 Armada, Simak Jadwal Kereta Api 'Blambangan Ekspres' Relasi Ketapang-Semarang

- 12 Februari 2021, 19:47 WIB
Ilustrasi kereta api.
Ilustrasi kereta api. /Daop 2 Bandung

KABAR BESUKI - PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menambah satu armada kereta dalam grafik perjalanan kereta (Gapeka) di tahun 2021.

Kereta Api itu bernama Blambangan Ekspres, memiliki rute Stasiun Ketapang-Stasiun Semarang Tawang PP.

Plh Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Radhitya Mardika Putra menyampaikan, Kereta Blambangan Ekspres bersifat fakultatif dalam artian tidak beroperasi setiap saat.

Baca Juga: Agnes Mo dan Raffi Ahmad Siap Digaet PKB untuk Pilkada Jakarta, Luqman Hakim: Ditimang Sebagai Calon Gubernur

Dalam Pasal 1 Peraturan Dinas 16A Jilid 1 tentang dinas lokomotif disebutkan bahwa kereta api fakultatif adalah kereta api yang terdaftar dalam grafik perjalanan kereta api dan dijalankan jika dibutuhkan.

"Beroperasi di waktu tertentu. Terkadang berjalan dan terkadang tidak, semisal bulan ini jalan bulan depannya tidak jalan" kata Radhit saat dikonfirmasi, Jumat 12 Februari 2021.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Siap Donor Plasma Konvalesen, Setelah Sembuh dari Covid-19

Radhitya mengungkapkan karena bersifat fakultatif, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kapan sedianya Blambangan Ekspres ini bisa dijalankan.

"Ketika memang situasinya sudah kembali normal, okupansi pelanggan mulai meningkat signifikan atau cenderung stabil, maka pasti akan dijalankan KA Blambangan Ekspres ini," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x